nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KRI Ditabrak di Natuna, JK: Vietnam-Indonesia Masih Rundingkan Perbatasan ZEE

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 30 337 2049921 kri-ditabrak-di-natuna-jk-vietnam-indonesia-masih-rundingkan-perbatasan-zee-x3UH50js7E.jpg Wapres RI Jusuf Kalla. (Foto : Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan penyebab terjadinya ketegangan antara KRI Tjiptadi-381 dengan kapal pengawas perikanan pemerintah Vietnam di Laut Natuna Utara, beberapa waktu lalu.

Menurut JK, perbatasan zona ekonomi eksklusif (ZEE) antara Indonesia dan Vietnam masih dirundingkan. Sehingga saat ini, kedua negara masih saling klaim kepemilikan wilayah tersebut.

"Kalau perbatasan Indonesia-Vietnam itu kan masih berunding. Batas kontinennya masih dibahas. Itulah yang terjadi Indonesia mengklaim, Vietnam mengklaim. Maka terjadi bentrok di situ," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Diketahui, KRI Tjiptadi-381 milik TNI AL menangkap kapal ikan asing (KIA) Vietnam BD-979 di perairan Natuna Utara yang sedang melakukan illegal fishing. Kapal asing tersebut dikawal oleh kapal pengawas perikanan pemerintah Vietnam.

KRI Tjiptadi Ditabrak Kapal Vietnam/Foto: YouTube

Kapal pengawas Vietnam itu kemudian berusaha menghalangi proses penegakan hukum oleh KRI Tjiptadi-381 terhadap kapal BD-979. Setelah memprovokasi, kapal Vietnam itu lalu menabrakkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381.

JK mengatakan, atas insiden itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi telah melayangkan protes terhadap pemerintah Vietnam. Selain itu, pemerintah RI juga sudah memanggil Dubes Vietnam untuk Indonesia untuk menyelesaikan persoalan ini secara baik.


Baca Juga : KRI Ditabrak Kapal Vietnam, Wiranto Tunggu Laporan TNI AL

"Menlu sudah protes. Kita panggil dubesnya di sini dan juga kita selesaikan secara baik," tutur JK.


Baca Juga : Kesepakatan Batas Laut Belum Tuntas Jadi Pemicu Gesekan KRI dan Kapal Vietnam

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini