nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahas Rencana Pemindahan Ibu Kota, Jokowi: Kita Harus Bicara Jangka Panjang

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 29 April 2019 14:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 29 337 2049340 bahas-rencana-pemindahan-ibu-kota-jokowi-kita-harus-bicara-jangka-panjang-gNvlrTj8QP.jpg Presiden Joko Widodo (foto: KoranSindo)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa rencana pemindahan Ibu Kota harus membicarakan kepentingan yang lebih besar dan jangka panjang. Sehingga, keputusan pemindahan tersebut harus terencana dan dilakukan secara matang.

"Sebagai negara besar menyongsong kompetisi global, ketika kita sepakat menuju negara maju untuk pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apakah di masa yang akan datang DKI Jakarta sebagai Ibu Kota negara mampu memikul dua beban sekaligus yaitu sebagai pusat pemerintahan dan pelayanan publik sekaligus pusat bisnis," kata Jokowi dalam ratas 'Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota' di Kantor Presiden, Senin (29/4/2019).

Baca Juga: Ahli Arsitektur Perkotaan UI: Palangkaraya Sangat Strategis Jadi Ibu Kota Negara

Kepala Negara menekankan bahwa gagasan pemindahan Ibu Kota sudah lama sekali muncul sejak era Presiden Soekarno. Namun, wacana pemindahan ini timbul dan tenggelam karena tidak pernah diputuskan.

"Beberapa negara sudah mengantisipasi perkembangan negaranya di masa yang akan datang dengan memindahkan pusat pemerintahannya yang kita contohkan banyak sekali Korea Selatan, Brazil, Kazakhstan dan lain-lain," imbuhnya.

Jokowi ingin rencana pemindahan Ibu Kota tidak berdasarkan persoalan jangka pendek, tapi untuk kepentingan yang lebih besar bagi bangsa dan negara.

"Kita harus bicara kepentingan lebih besar bagi bangsa dan negara, visioner dalam jangka panjang," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Akan Bawa Kajian Awal Pemindahan Ibu Kota ke Rapat Terbatas


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini