BNPB Imbau Korban Banjir Bengkulu Waspadai Penyakit Kulit & ISPA

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 28 April 2019 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 28 337 2049037 bnpb-imbau-korban-banjir-bengkulu-waspadai-penyakit-kulit-ispa-79Me5ke9Hx.JPG Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengimbau warga Bengkulu dan pemerintah daerah setempat untuk mewaspadai risiko datangnya dampak susulan dari bencana banjir yang melanda wilayah provinsi itu.

"Dampak bencana susulan yang mungkin timbul adalah penyakit kulit karena kekurangan air bersih, gangguan infeksi saluran pernafasan akut dan lain-lain," kata Sutopo, di Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Selain itu kata dia, hujan bisa sewaktu-waktu turun dengan intensitas tinggi, sehingga tanah longsor dan banjir berpotensi kembali datang. Menurut Sutopo, hujan berintensitas tinggi masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia meski sebenarnya sudah memasuki musim kemarau.

"Kepala daerah yang wilayahnya mengalami bencana juga diimbau segera menetapkan status darurat bencana untuk mempercepat penanganan darurat," ujarnya.

Banjir Bengkulu

Hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah Bengkulu sejak Jumat lalu hingga Sabtu pagi kemaribn menyebabkan sungai-sungai meluap serta menimbulkan banjir dan tanah longsor di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur.

"Saat ini banjir sebagian sudah surut di beberapa wilayah. Sebagian masih menggenangi permukiman di beberapa wilayah," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini