nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singgung soal Sampah, Luhut: Kalau Belanja Jangan Lagi Pakai Kantung Plastik

Antara, Jurnalis · Minggu 28 April 2019 13:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 28 337 2048978 singgung-soal-sampah-luhut-kalau-belanja-jangan-lagi-pakai-kantung-plastik-B2QbY63ljt.jpg Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa sampah menjadi urusan bersama. Oleh karenanya, dia mengajak kepada publik untuk bergerak bersama untuk dapat mengurangi produksi sampah dan mengelola sampah harian dengan lebih baik.

"Sampah adalah musuh kita bersama. Setiap hari warga Jakarta menghasilkan sampah 8 ribu ton, kalau ini sampai ke laut, nah ini menjadi masalah," kata Luhut saat peluncuran Gerakan Indonesia Bersih di Jakarta, seperti diwartakan Antaranews, Minggu (28/4/2019).

Sampah plastik yang dibuang ke laut dapat menjadi mikroplastik dan itu di makan ikan, kemudian ikan yang mengandung mikroplastik tersebut dimakan oleh manusia.

Luhut menambahkan mikroplastik juga dapat menyebabkan stunting, oleh sebab itu dia ingin semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha terlibat dalam mengelola sampah.

Dia juga meminta masyarakat Indonesia untuk melupakan masalah politik dan bersatu untuk menangani ma

Ilustrasi Sampah

Menurutnya, sudah banyak program yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal penanganan masalah sampah, seperti menyediakan fasilitas seperti TPS 3R, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, program Waste to Energy (PLTS), instalasi pengolahan air limbah, sistem pengelolaan sampah refuse derived fuel.

Kendati begitu, pemerintah terus mendorong agar masyarakat mengubah kebiasaanya terhadap sampah. Luhut lantas meminta masyarakat untuk mulai meninggalkan kebiasaan masyarakat menggunakan plastik sekali pakai.

"Kalau belanja sekarang jangan gunakan lagi kantung plastik sekali pakai, mari gunakan kantung yang dapat berkali-kali digunakan," kata Luhut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini