Heboh Obama Perlihatkan Lukisan Prabowo, Padahal Ini yang Sebenarnya

Ade Putra, Okezone · Sabtu 27 April 2019 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 27 337 2048840 heboh-obama-perlihatkan-lukisan-prabowo-padahal-ini-yang-sebenarnya-TYbMdNIvDb.jpg Mantan Presiden AS Barack Obama Melihat Lukisan Dirinya di Smithsonian's National Portrait Gallery (foto: YouTube/Ist)

BEREDAR sebuah cuplikan video seolah mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama membuka kain hitam yang berisi lukisan Prabowo Subianto di salah satu laman media sosial Facebook.

Postingan video berdurasi 59 detik tersebut juga diberi narasi:

Sosok seorang pemimpin yang di akui dunia Mr. Prabowo Subianto

Saya yang sampaikan anda yang simpulkan 🙏🤔🤔🤔

#17AprilPrabowoPresident”.

Baca Juga: Heboh Foto Prabowo dan Titiek Soeharto Ijab Kabul, Ini Faktanya 

Setelah dilakukan penelusuran, video yang beredar tersebut sudah melalui proses suntingan dari video aslinya. Dimana, video aslinya telah diupload di Youtube dan bisa dilihat secara umum melalui channel resmi dari Smithsonian's National Portrait Gallery dengan nama channel Smithsonian.

Hoaks Obama Perlihatkan Lukisan Prabowo (foto: Ist)	 

Dalam video yang berdurasi lebih dari 50 menit, Smithsonian's National Portrait Gallery merilis lukisan potret Obama dan istrinya, Michelle. Kedua lukisan itu dilukis oleh Kehinde Wiley dan Amy Sherald. Video asli dipublikasikan pada 12 Februari 2018.

"Dalam video yang telah disunting, terlihat jelas bahwa terdapat lapisan gambar baru yang sengaja ditambahkan dalam video. Terlihat saat Obama membuka kain hitam yang menutupi lukisan, secara tiba-tiba terdapat bayangan Foto Prabowo sebelum kain sepenuhnya turun," jelas Stefanus Septiandra Dwiki Nugroho, relawan antihoaks dalam debunk-nya.

Baca Juga: Data Resmi TNI Sebut Prabowo Sudah Menang, Berikut Fakta Sebenarnya 

Stefanus menyebutkan, bahwa konten yang disebarkan itu kategorinya adalah manipulated content. "Yakni, ketika informasi, gambar atau video asli dimanipulasi untuk menipu," terangnya.

Selain itu, kata Stefanus, media-media online nasional pun telah memberitakan terkait lukisan Obama dan istrinya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini