nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Arus Mudik, Korlantas Polri Gandeng Pedagang untuk Antisipasi Macet di Pasar Tumpah Brebes

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 27 April 2019 01:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 27 337 2048640 jelang-arus-mudik-korlantas-polri-gandeng-pedagang-untuk-antisipasi-macet-di-pasar-tumpah-brebes-8TeXPalteR.jpg Korlantas Polri (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan sejumlah antisipasi untuk mencegah kemacetan yang terjadi saat nanti pelaksaan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019. Salah satunya adalah kepadatan yang kerap terjadi di pasar tumpah, Brebes, Jawa Tengah.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyatakan akan menggandeng pedagang emak-emak untuk menjadi salah satu solusi agar tidak terjadi kemacetan dari pasar tumpah.

"Kalau kita lihat kepadatan di sini memang cukup padat apalagi ini daerah lintasan yang akan digunakan pergerakan dari Brebes yang ada di Pejagan menuju Yogyakarta dan Purwokerto. Artinya ini menjadi lintasan utama dan jadi lintasan primadona," kata Refdi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Baca Juga: Lancarkan Mudik 2019, Pemerintah Rencanakan Pemberlakuan Arus Satu Arah Jalan Tol

Mudik

Pada kesempatan itu, Refdi juga menyempatkan berbincang dengan para pedangang. Refdi tidak melarang para pedagang berjualan, tetapi memintanya jangan sampai membuat kemacetan.

"Ini kami tinjau biar tidak macet, biar masyarakat tetap dagang tapi nggak buat macet ya," ujar Refdi kepada pedagang.

Setelahnya Refdi berkeliling jalur tersebut. Dia berharap para pedagang dan masyarakat sekitar memahami pentingnya jalur itu untuk mudik.

"Kita juga mengimbau masyarakat kita yang (berjualan) mungkin selama ini menggunakan jalan mudah-mudahan pada saatnya nanti ada saling pengertian antara masyarakat kita, petugas pasar dan petugas-petugas yang ada di lingkungan juga bisa berikan pemahaman sehingga pemanfaatan jalan ini untuk pergerakan orang dan barang bisa optimal," kata Refdi.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini