nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wakil Bendahara KONI Sebut Beri Uang Rp300 Juta untuk Muktamar NU

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 19:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 25 337 2048080 wakil-bendahara-koni-sebut-beri-uang-rp300-juta-untuk-muktamar-nu-Fogzj2Y8fa.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Wakil Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Lina Nurhasanah mengaku pernah mendapat titipan uang sebesar Rp300 juta yang diberikan Sekretaris Jenderal KONI, Ending Fuad Hamidy.

Lina mengatakan, uang tersebut kemudian digunakan oleh Fuad untuk pelaksanaan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur. Hal itu diakui Lina saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (25/4/2019) untuk dua terdakwa, yakni Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy dan Bendahara KONI Johny E Awuy.

"Pak Hamidy sore-sore ke Kemenpora, menitip uang kalau tidak salah Rp300 juta. Terus malam itu Pak Hamidy berangkat ke Surabaya bersama Pak Alfitra Kemenpora saat itu," kata Lina dalam persidangan.

 sds

Sebelum berangkat tuturnya, Fuad memberikan pesan kepada dirinya agar uang tersebut diantar ke Surabaya apabila dibutuhkan. Uang itu sendiri diduga berasal dari dana hibah yang diterima KONI dari Kemenpora.

Sehari setelahnya sambung Lina, Fuad menghubunginya dan bicara bahwa membutuhkan uang tersebur. Ia kemudian berangkat ke Surabaya dan menyerahkan uang tersebut kepada Fuad di Bandara Surabaya.

"Menurut informasi dari Pak Hamidy, uang itu untuk Muktamar NU," tuturnya.

 sd

Seperti diketahui pada kasus ini, Ending Fuad Hamidy didakwa menyuap Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana, pejabat pembuat komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo dan staf Kemenpora Eko Triyanto.

Menurut jaksa, penyuapan itu dilakukan Ending bersama-sama dengan Bendahara KONI Johny E Awuy. Ending dan Johny memberikan 1 unit Toyota Fortuner hitam dan uang Rp 300 juta kepada Mulyana. Selain itu, Mulyana diberikan kartu ATM debit BNI dengan saldo Rp100 juta. Kemudian, Johny dan Ending juga memberikan ponsel merek Samsung Galaxy Note 9 kepada Mulyana.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini