nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Jalin Kerja Sama dengan Badan Antikorupsi Arab Saudi

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 11:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 25 337 2047844 kpk-jalin-kerja-sama-dengan-badan-antikorupsi-arab-saudi-hI69gcHOVy.jpg Ketua KPK Agus Rahardjo dalam kegiatan kerja sama dengan Presiden Nazaha Khalid Abdulmohsin al Mehaisen di Arab Saudi. (Foto: KPK)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalin kerja sama dengan Badan Antikorupsi Arab Saudi (Nazaha). Langkah ini dilakukan untuk lebih meningkatkan pencegahan tindak pidana korupsi dan pencucian uang.

Kerja sama tersebut dilakukan saat KPK melakukan kunjungan ke Arab Saudi yang dilaksanakan pada Senin 22 April 2019.

"Poin penting dalam kesepakatan antara KPK dan Nazaha yaitu pelatihan bagi pegawai kedua lembaga, pertukaran informasi, serta pertukaran hasil kajian," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam keterangannya, Kamis (25/4/2019).

(Baca juga: KPK Lantik 21 Penyidik Muda Perkuat Pemberantasan Korupsi)

Kunjungan KPK ke Nazaha, lanjut Agus, sekaligus untuk mengevaluasi nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama pemberantasan tindak pidana korupsi yang telah ditandatangani pada 2016.

Dalam kesempatan itu pula, ucap dia, kedua lembaga saling bertukar pengalaman mengenai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di negaranya.

"Kami juga sempat mempelajari mengenai sistem Etimad, sebuah e-platform yang merupakan sistem e-procurement dan e-budgeting Pemerintah Arab Saudi," papar Agus.

(Baca juga: 5 Poin Petisi Pegawai KPK, dari Bocornya Operasi hingga Perlakuan Khusus ke Saksi)

Rencananya, tambah dia, dalam waktu dekat KPK mengundang Presiden Nazaha Khalid Abdulmohsin al Mehaisen untuk berkunjung ke Indonesia.

Selain Presiden Nazaha, pertemuan itu juga dihadiri Wakil Presiden Nazaha Bidang Penguatan Integritas Bander Abaalkhail dan Wakil Presiden Nazaha Bidang Pemberantasan Korupsi Abdulmohsen al Monaif.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini