nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saksi Sofyan Basir Ditelisik Mengenai Penerimaan Uang Eni Saragih dari Johanes Kotjo

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 337 2047703 saksi-sofyan-basir-ditelisik-mengenai-penerimaan-uang-eni-saragih-dari-johanes-kotjo-4lBpA71NeC.jpg Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. (Dok Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap pegawai pemerintah non-PNS pada DPR RI, Tahta Maharaya. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT PLN Sofyan Basir dalam kasus kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, pemeriksaan saksi untuk Sofyan Basir itu guna menelisik soal penerimaan uang oleh terpidana Eni Maulani Saragih dari Johanes B Kotjo.

"Penyidik mengkonfirmasi pengetahuan saksi terkait penerimaan uang oleh Enny Saragih dari Johanes Kotjo," kata Febri, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Dalam perkara ini, Sofyan Basir diduga telah menerima jatah yang sama dengan terpidana Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham dari Johanes Kotjo.

Berdasarkan dari fakta persidangan yang muncul, Eni Saragih dan Idrus Marham, kedua orang itu mendapatkan jatah senilai Rp2,250 miliar.

Sofyan Basir. (Foto : Arie Dwi Satrio/Okezone)

Pemberian uang tersebut ditengarai bermuara pada kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-l. Hal tersebut juga diperkuat adanya fakta-fakta persidangan yang muncul dari terpidana lainnya.


Baca Juga : KPK Periksa Satu Saksi untuk Tersangka Suap PLTU Riau-1 Sofyan Basir

Atas perbuatannya Sofyan disangka melanggar Pasal 12 huruf (a) atau (b) atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Pasal 56 ayat (2) Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.


Baca Juga : Sofyan Basir Sedang di Prancis saat Ditetapkan Jadi Tersangka Suap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini