nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Resmi Lantik Gubernur dan Wagub Maluku di Istana

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 24 April 2019 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 24 337 2047446 jokowi-resmi-lantik-gubernur-dan-wagub-maluku-di-istana-3Nsb0ZaKwd.jpg Foto: Fakhri/Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Murad Ismael-Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/3/2019).

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 189/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

Sebelum dilantik, Murad Ismael-Barnabas Orno terlebih dahulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi. Kirab itu juga diikuti oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kendati cuaca di Istana masih berlangsung hujan.

Kirab ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan. Mantan Komandan Korps Brimob Polri dan wakilnya itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

 sd

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kepada Murad tersebut di atas Alquran yang dipegang oleh rohaniawan. Sedangkan Barnabas Orno disumpah di atas Injil.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti Gubernur Murad Ismail.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh group marching band Paspampres.

Kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan selamat kepada Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno yang diikuti oleh seluruh hadirin acara pelantikan ini.

Dalam acara pelantikan ini turit hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Selain itu juga hadir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini