PN Jaksel Gelar Sidang Perdana Praperadilan Romi Terkait Kasus Jual Beli Jabatan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 22 April 2019 09:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 22 337 2046303 pn-jaksel-gelar-sidang-perdana-praperadilan-romi-terkait-kasus-jual-beli-jabatan-Mn9fl4E0Wz.jpg Romahurmuziy (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menggelar sidang perdana praperadilan yang diajukan oleh Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy alias Romi.

Romi mengajukan praperadilan untuk melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penetapan tersangkanya dalam perkara kasus dugaan suap jual-beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

 Baca juga: Karo Kepegawaian Kemenag Dipanggil KPK untuk Penyidikan Romahurmuziy

"Sidang pertama, dilihat aja dulu apakah kedua belah pihak hadir, kalau hadir kedua belah pihak agendanya pembacaan permohonan praperadilan," kata Humas PN Jaksel Achmad Guntur saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (22/4/2019).

https://img-o.okeinfo.net/content/2019/03/16/337/2030836/usai-ditetapkan-tersangka-romi-langsung-dijebloskan-ke-penjara-FCYxh4VKGH.jpg

Mengenai praperadilan ini, Juru Bicara KPK Febri Diansyah sebelumnya mengungkapkan pihaknya siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan oleh Romi. KPK akan mempelajari lebih lanjut terlebih dahulu surat permohonan gugatan tersebut.

 Baca juga: KPK Panggil Kembali Staf Ahli Menag Terkait Jual Beli Jabatan

"KPK pasti akan menghadapi praperadilan tersebut apalagi kami yakin dengan proses tangkap tangan yang dilakukan, bukti-bukti yang ada, dan juga proses penyidikan yang sudah dilakukan," ujar Febri.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan mantan Ketum Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy sebagai tersangka. Anggota Komisi XI DPR RI tersebut diduga terlibat kasus jual-beli jabatan di Kementeriaan Agama (Kemenag).

Romi ditetapkan tersangka bersama dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

 Baca juga: KPK Periksa Staf Khusus Menag untuk Uji Kesaksian

Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin diduga telah menyuap Romi untuk mengurus proses lolos seleksi jabatan di Kemenag. Adapun, Muhammad Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sedangkan Haris, mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini