nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 20 April: Pasukan Gajah Abrahah Hendak Hancurkan Kakbah hingga Pesawat Air France Tabrak Gunung

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 06:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 20 337 2045770 peristiwa-20-april-pasukan-gajah-abrahah-hendak-hancurkan-kakbah-hingga-pesawat-air-france-tabrak-gunung-34PxDrz6La.JPG ilustrasi pasukan gajah pimpinan Abrahah (Foto: aidin-crow.cgsociety.org)

JA‎KARTA - Banyak peristiwa penting terjadi di muka bumi pada tanggal 20 April dari masa ke masa. Okezone mencoba merangkumnya dari berbagai sumber beberapa peristiwa, kisah, atau kejadian yang pernah terjadi pada 20 April dan bisa dikenang oleh banyak orang. Berikut peristiwa penting yang pernah terjadi pada 20 April :

- Pasukan Gajah Abrahah Ingin Hancurkan Kakbah

Gubernur dari Abyssinia atau Kekaisaran Ethiopia, Abrahah al-'Asyram, yang telah berhasil menjadi Raja Saba (Yaman) pernah ingin menghancurkan Kakbah dengan membawa pasukan gajah berdasarkan dalam kisah Islam.‎ Abrahan sendiri merupakan pemimpin yang beragama Kristen.

Sekira tahun 570M, seperti yang diceritakan dalam Alquran, Abrahah melakukan agresi militer terhadap orang-orang Quraisy di Kota Suci Makkah. Dalam Alquran, Abrahah mengirimkan pasukan gajah ‎untuk menghancurkan Kakbah.

Namun, Abrahah dan tentaranya tewas mengenaskan setelah dijatuhi batu-batu panas yang berasal dari neraka oleh burung ababil. Dalam kisahnya, Abrahah juga telah membangun sebuah katedral‎ di San'a yang dikenal dengan al-Qulays sebagai tandingan bangunan Kakbah.

- Adolf Hitler Lahir

Adolf Hitler lahir di Austria-Hongaria, pada 20 April 1889 dan meninggal di Berlin, Jerman, 30 April 1945 pada umur 56 tahun. Hitler adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi yang menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Hitler adalah veteran Perang Dunia I dengan banyak gelar. Ia bergabung dengan Partai Pekerja Jerman (pendahulu NSDAP) pada tahun 1919, dan menjadi ketua NSDAP tahun 1921. Tahun 1923, ia melancarkan kudeta di Munich yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch. Kudeta yang gagal tersebut berujung dengan ditahannya Hitler.

Hitler

Di penjara, Hitler menulis memoarnya, Mein Kampf (Perjuanganku). Setelah bebas tahun 1924, Hitler mendapat dukungan rakyat dengan mengecam Perjanjian Versailles dan menjunjung Pan-Jermanisme, antisemitisme, dan anti-komunisme melalui pidatonya yang karismatik dan propaganda Nazi. Setelah ditunjuk sebagai kanselir pada tahun 1933, ia mengubah Republik Weimar menjadi Reich Ketiga, sebuah kediktatoran satu partai yang didasarkan pada ideologi Nazisme yang totalitarian dan otokratik.

- Konferensi Asia-Afrika di Bandung

Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika (disingkat KTT Asia Afrika atau KAA; kadang juga disebut Konferensi Bandung) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan.
KAA diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Sunario. Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya.

- Apollo 16 Berhasil Mendarat di Bulan

Pesawat ruang angkasa, Lunar Rover yang membawa misi dengan nama Apollo 16 berhasil mendarat di bulan pada 20 April 1972. ‎Misi tersebut diluncurkan pada 16 April 1972 dari Pusat Antariksa Kennedy, Amerika Serikat.

Apollo 16 berhasil merekam video dari luar pesawat serta melakukan uji coba ‎terhadap kelangsungan hidup mikrobial. Apollo 16 juga membawa 94,7 sampel dari bulan ke bumi.

- Taman Mini Indonesia Indah Diresmikan

Melansir dari tamanmini.com, gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto.
Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta Tanah Air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.
TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.

- Pesawat Boeing milik Air France Tabrak Gunung

Pada 20 April 1998 pesawat Boeing 727-400 milik Air France menabrak pegunungan di dekat Bogota, Kolombia. ‎Pesawat tersebut membawa 43 penumpang dan 10 awak pesawat.

Pesawat tersebut sedianya akan terbang dari Bandara Eldorado, Bogota, Kolombia ‎menuju Quito, Ekuador. Pesawat tersebut jatuh setelah menabrak pegunungan. Seluruh penumpang dan awak kabin pesawat dilaporkan tewas.

Ilustrasi PKS

- Berdirinya Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi berdiri pada 20 April 1998 silam. Partai tersebut bernama Partai Keadilan sebelum ditambahkan dengan kata Sejahtera. Partai ini lebih berbasis kepada Islam yang memiliki perwailan di parlemen Indonesia.

Partai ini berawal dari gerakan aktivitas dakwah Islam sejak 1980-an. Kelahiran PKS dicatatkan erat kaitanya dengan gerakan Islam berbasis massa kampus dan cendekiawan yang muncul sebagai tanggapan atas tekanan politik pemerintahan Orde Baru (Orba). (put)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini