nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Ratna Sarumpaet Kembali Ditunda Setelah Dua Saksi Tidak Hadir

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 14:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 09 337 2041074 sidang-ratna-sarumpaet-kembali-ditunda-setelah-dua-saksi-tidak-hadir-aDoVxJcG3R.png Ratna Sarumpaet. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Sidang kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet kembali ditunda. Hal ini dikarenakan dua saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) tidak hadir.

Sidang Ratna Sarumpaet sendiri sudah menghadirkan dua saksi di meja persidangan, yaitu Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dan Ruben.

Ketua Majelis Hakim Joni sempat bertanya kepada JPU terkait keberadaan dua saksi Chairullah dan Harjono yang akan dihadirkan. Kemudian JPU menyatakan bahwa kedua saksi itu dalam perjalanan di Pancoran dari Cikini.

"Mohon disampaikan bahwa saksi barusan kami terima informasi bahwa dua masih di daerah Pancoran," kata Koordinator JPU Daru Tri Darsono di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

(Baca juga: Majelis Hakim Kembali Tolak Tahanan Kota Ratna Sarumpaet)

Hakim Joni pun sangat menyayangkan sikap JPU yang dianggap tidak siap. Sebelumnya sidang sendiri sempat mundur sekira 1 jam dari jadwal yang sudah ditentukan. Kemudian saksi kedua, Ruben, juga datang terlambat.

"Jadi begini ya sebenarnya memang sidang sudah ditetapkan dari awal tidak tepat jam 9 atau jam 10 paling lambat. Untuk itu memang saksi sudah harus hadir, itu yang pertama," tegas Joni.

Ratna Sarumpaet. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Sidang pun ditunda dan akan kembali digelar pada Kamis 11 April 2019. Hakim Joni pun mengingatkan JPU agar siap melaksanakan sidang yang diperkirakan sampai malam hari demi mengejar waktu sidang.

"Jadi karena ini sampai jam 12.30 saksi belum hadir, maka untuk saksi tersebut minta pending, bukan kita pending sih, tapi kita tunda sampai hari Kamis," beber Joni.

(Baca juga: Said Iqbal Akui Terima 3 Foto Lebam dari Ratna Sarumpaet)

Di sisi lain, terdakwa Ratna Sarumpaet mengaku kecewa dan menyayangkan sidangnya yang kembali ditunda lantaran dua saksi JPU tidak hadir.

"Ya enggak siap saja kejaksaan. Saya berharap supaya lebih cepat, jangan ada yang kosong gitu," tutur Ratna.

Sebelumnya Koordinator JPU Daru Tri Sadono mengatakan dalam sidang Ratna Sarumpet terdapat empat saksi yang akan dihadirkan, yakni Presiden KSPI Said Iqbal, Ruben, Chairulah, dan Harjono. Namun sayang, saksi yang hadir hanya Said Iqbal dan Ruben.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini