nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkas Lengkap, Joko Driyono Segera Disidang

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 20:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 05 337 2039676 berkas-lengkap-joko-driyono-segera-disidang-LdSTq5fPpk.jpg Joko Driyono mendatangi Polda Metro Jaya (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung), Mukri menyebut jika berkas perkara kasus perusakan barang bukti pengaturan skor atas tersangka Joko Driyono dinyatakan lengkap atau P21.

Berkas Joko Driyono dinyatakan lengkap baik persyaratan formil maupun materiil setelah diteliti oleh tim jaksa peneliti pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) pada Kamis 4 April 2019 kemarin.

"Iya sudah P21. Pada hari Kamis, 4 April 2019, Kejaksaan Agung RI telah nyatakan lengkap (P21) berkas perkara tersangka inisial JD (Plt. Ketua Umum PSSI)," kata Mukri saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Saat ini, sambung Mukri, tim jaksa peneliti sedang menunggu penyerahan tersangka serta barang bukti dari Satuan Tugas Antimafia Bola.

"Bahwa dengan dinyatakan lengkap berkas perkara tersebut, tim jaksa peneliti saat ini masih menunggu penyerahan tersangka dan barang bukti dari Penyidik Satgas Anti Mafia Bola Mabes Polri," tuturnya.

Sebelumnya, Kejagung telah menerima berkas kasus perusakan barang bukti pengaturan skor atas tersangka Joko Driyono. Berkas tersebut diterima Kejagung pada Selasa 2 April 2019 lalu.

Joko Driyono

Joko Driyono disangkakan melanggar Pasal 363 KUHP atau Pasal 235 KUHP atau Pasal 233 KUHP atau Pasal 232 KUHP atau Pasal 221 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Plt Ketum PSSI itu sendiri ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga kuat sebagai aktor intelektual pengrusakan terhadap barang bukti skandal pengaturan skor pertandingan sepak bola Indonesia. Saat ini, Joko Driyono sudah dicegah bepergian ke luar negeri. Selain itu, Senin pekan depan rencananya dia akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka.

Polisi mendapatkan informasi tersebut berdasarkan tiga orang tersangka yang sudah ditangkap terkait dengan kasus pengrusakan barang bukti itu. Ketiga orang yang terlebih dahulu ditangkap adalah, M Mardani Mogot alias Dani, Musmuliadi alias Mus, dan Abdul Gofur.

Mereka masuk ke Kantor Komdis PSSI yang telah dipasangi garis polisi untuk mengambil barang bukti berupa rekaman CCTV, laptop, ponsel, dan beberapa dokumen. Padahal, area yang disegel dengan garis polisi tidak boleh diakses karena dalam proses penegakan hukum. Ketiga tersangka yang ditangkap adalah berprofesi sebagai office boy di Kantor PSSI, sopir dan staf Joko Driyono.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini