Korlantas Polri Launching Samsat Online Terintegrasi Se-Indonesia

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 04 April 2019 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 04 337 2039090 korlantas-polri-launching-samsat-online-terintegrasi-se-indonesia-YSlgU5po4J.jpg Kakorlantas Irjen Refdi Andri bersama Gubernur DKI Anies Baswedan

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melaunching Samsat Online yang terintegrasi diseluruh 34 provinsi di Indonesia. Hal tersebut untuk mempermudah masyarakat mengurus segala administrasi berkendara.

"Apa yang kami lakukan hari ini adalah momentum yang sangat baik karena bagaimanapun ini merupakan suatu kemudahan kita dihadapi berbagai kemajuan teknologi yang juga harapan masyarakat," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Refdi menjelaskan, program Samsat Online terintegrasi seluruh Indonesia ini bukanlah sesuatu yang baru. Pasalnya, gagasan ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu yang diawali di tujuh provinisi Indonesia.

"Kemudian dilanjutkan tahun 2018 kami tambah lagi di 17 provinsi kemudian pada hari ini sama-sama kami saksikan samsat online nasional betul-betul online seluruh Indonesia," tutur Refdi.

Ilustrasi Antrean di Samsat

Dengan adanya layanan ini, Refdi menekankan bahwa hal tersebut semakin memudahkan masyarakat untuk memgatur segala administrasi keperluan berkendara.

"Ini satu kemudahan dan mudah-mudahan kemudahan ini juga direspon baik masyarakat sehingga nanti masyarakat memanfaatkan teknologi ini," ucap Refdi.

Refdi mengakui, pihaknya memang memiliki target tertentu terkait diluncurkannya program ini. Mengingat, sejauh ini sudah ada 131 juta kendaraan yang teregistrasi.

"Tentu akan melakukan kewajiban pembayaran ditahun ini dan tahun berikutnya. Kami harapkan kantor samsat sepi antrian sepi dengan kemudahan ini. Kami akan lihat beraoa persennya dengan kemudhan ini akan ada peningkatan yang lebih baik lagi," ungkap Refdi.

Di kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi program samsat online se-Indonesia ini. Menurutnya, hal tersebut memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi berkendara.

"Kami menyambut baik dan mengajak seluruh warga mari beramai-ramai mendownload aplikasinya sehingga bisa digunakan," ujar Anies di Kantor Korlantas Polri.

Saat ini, kata Anies, sebanyak 14 ribu warga DKI Jakarta masih melakukan manual dalam mengusur administrasi berkendara. Dengan adanya program tersebut, Anies mengajak warga Ibu Kota untuk berpindah menggunakan online.

"Bagi kami pemda salah satu unsur terpenting pendapatan daerah itu pajak kendarana bermotor. Dengan pengelolaan yang efisien dan efektif maka implikasinya bermanfaat. Pemutihan denda agar masyarakat membayar. Sekarang dengan adanya fasilitas ini tidak ada alasan menunda tunaikan kewajiban dan manfaatkan jalan raya. DDngancara ini merasakan Indonesia lebih baik dan adil," tutup Anies.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini