Share

Irvan Nasrun: Jangan Sampai Industri 4.0 Berdampak Negatif terhadap Masyarakat

Minggu 31 Maret 2019 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 31 337 2037496 irvan-nasrun-jangan-sampai-industri-4-0-berdampak-negatif-terhadap-masyarakat-jpl27hE2W6.jpg Irvan Nasrun (foto: ist)

JAKARTA - Head Officer Innovation Center MNC Group Irvan Nasrun menilai, infrastruktur menjadi hal penting untuk kesiapan Indonesia bisa memasuki revolusi industri 4.0. Di era digitalisasi ini pemerataan kualitas infrastruktur internet di seluruh Tanah Air menjadi sangat penting.

Menurutnya, industri tersebut terbagi menjadi dua bagian, yakni Network/Infrastruktur, misalnya: high speed Internet, iCloud. Lalu, content, misalnya: artificial intelligence, Internet of Things, aplikasi ecommerce.

"Dan yang harus diperhatikan adalah jangan sampai industri 4.0 berdampak negatif terhadap, golongan ekonomi lemah, misalnya UMKM, mengurangi lapangan kerja, membahayakan national security, misalnya menyimpan data masyarakat di cloud yang dikelola oleh asing, dan menjadikan Indonesia sebagai pasar bagi pelaku usaha asing," kata Irvan dalam keterangannya kepada Okezone, Minggu (31/3/2019).

 sd

Oleh karena itu, kata Irvan, perlu dibuat regulasi terhadap Industri 4.0 agar tidak berdampak negatif terhadap lapangan kerja, UMKM, Industri dalam negeri, penerimaan pajak, devisa, moral bangsa, persatuan dan kesatuan serta National Security.

"Dengan adanya regulasi ini diharapkan Industri 4.0 mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi Nasional, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pendidikan, penerimaan pajak, devisa, lapangan kerja, sehingga menjadikan Indonesia sebagai Negara yang maju sesuai cita cita bangsa," tutup pria yang juga Calon Anggota DPR RI dari Partai Perindo Dapil Tasik-Garut itu.

 sd

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini