nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ASN Boleh Menghadiri Kampanye Terbuka, Asal...

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 23:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 27 337 2035866 asn-boleh-menghadiri-kampanye-terbuka-asal-2RPGqAevjG.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi memastikan ASN boleh menghadiri kampanye terbuka di Pemilu serentak 2019. Meski demikian, ASN tidak boleh ikut mengampanyekan calon yang didukungnya.

"Kalau hanya hadir boleh, asal tidak pakai atribut partai, tidak pakai baju dinas," ujar Sofian di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Sofian menegaskan, KASN akan bertindak menindak tegas bila ada ASN yang aktif berkampanye. Menurut dia, pihaknya tak akan kesulitan untuk membuktikan adanya ASN yang berpolitik.

"Jadi kalau sekarang ini kita banyak menggunakan bukti-bukti di media, dan itu sudah bisa dijadikan bukti," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melarang ASN terlibat kampanye terbuka. Mereka bahkan terancam dihukum jika terlihat dalam rapat umum.

"Sanksinya sudah ada semua, baik yang sudah diputuskan Bawaslu maupun oleh Menpan-RB," kata Tjahjo di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Bawaslu mencatat, ada partisipasi pelayan masyarakat dalam rapat umum pasangan calon nomor urut 01 dan 02. Mereka terindikasi ikut dalam kampanye terbuka pada Minggu, 24 Maret 2019.

Bawaslu di Banten, Manado, dan Makassar telah mengumpulkan bukti terkait hal ini. "Kami sudah mengimbau bahwa ASN harus profesional," kata Tjahjo.

Data Bawaslu hingga awal Maret 2019, ada 165 laporan pelanggaran ASN sejak kampanye dimulai. Hal ini terjadi di 15 provinsi dan di Jawa Tengah terbanyak ditemukan ASN yang melanggar dengan 43 laporan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini