nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rocky Gerung Sebarkan Hoax soal Penyerang Senator Anti-Islam, Ini Faktanya

Ade Putra, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 25 337 2034622 rocky-gerung-sebarkan-hoax-soal-penyerang-senator-anti-islam-ini-faktanya-PGUDsgCFyS.jpeg

FANPAGE facebook (FB) atas nama Rocky Gerung membagikan foto tampilan layar pemberitaan di Metro TV. Saat tampilan layar itu difoto/dijepret, tampak gambar seorang bocah yang sedang diamankan polisi. Di bawahnya, terdapat tulisan atau judul berita "Penyerang Senator Australia Anti Islam Ternyata Pengagum Jokowi"

Fanpage Rocky Gerung juga menyertakan narasi dalam postingannya. Sebagai berikut:

"Apa- apa semua di klaim sm metro tv neh... Kenal saja kagak ngomong pengagum. Urat malu nya dah putus mereka. Besok, ganti candi borobudur, menara Eiffel, bahkan air terjun Niagara bakal di klaim si Jae yang bangun".

Belum diketahui apakah fanpage Rocky Gerung itu terverifikasi atau akun abal-abal. Namun, sejak tangkapan layar diambil, Senin (25/3/2019), postingan yang juga menandai tiga akun lainnya itu sudah dibagikan lebih dari 8.400 kali.

Sementara itu, melalui akun FB, pihak Metro TV memberikan klarifikasi, sebagai berikut:

"Metro TV dengan tegas menyatakan bahwa foto viral mengenai tayangan Metro TV tanggal 15 Maret 2019 adalah tidak benar dan merupakan informasi yang sengaja diubah dengan menggunakan visual dan konten grafis Metro TV. Hati-hati dengan informasi hoax sebelum menyebarkannya. #cekfaktapahamidulu"

Dalam klarifikasi Metro TV, foto atau tampilan pemberitaan sebenarnya berjudul "Melanggar Hukum Tapi Salahkan Jokowi". Intinya, foto yang dibagikan fanpage Rocky Gerung itu sudah mengalami penyuntingan dari judul aslinya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini