nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 24 Maret: Perang Kotor, Dahsyat Tayang dan Pesawat Germanwings Celaka

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 24 Maret 2019 06:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 24 337 2034156 peristiwa-24-maret-perang-kotor-dahsyat-tayang-dan-pesawat-germanwings-celaka-2s0mWmiaZV.jpg Acara Dahsyat di RCTI (Dok Okezone)

JAKARTA - Banyak peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 24 Maret di sepanjang perjalanan hidup manusia. Di antaranya adalah perang kotor di Argentina dan jatuhnya Pesawat Germanwings yang menewaskan 150 orang.

Okezone merangkum beberapa momen penting yang terjadi pada 24 Maret yang bersumber dari Wikipedia :

1. Penemuan Bakteri TBC

Pada 24 Maret 1882, ilmuan kelahiran Jerman, Robert Koch mengumumkan pertama kali pemuan bakteri penyebab penyakit tuberkolusis atau TBC.

2. Perang Kotor di Argentina

Argentina sempat diwarnai perang kotor dalam kurun 1976 hingga 1983. Pada 24 Maret 1976, Presiden Argentina Isabel Peron diculik dan diberhentikan dalam sebuah kudeta tak berdarah.

Perang kotor adalah istilah yang ditabalkan karena negara menjalankan program terorisme untuk menghadapi subversi sayap kiri yang dianggap membahayakan pemerintahan.

Perang kotor sengaja dikembangkan untuk membenarkan rezim otoriter membantai para pembangkang. Pembantaian dilakukan oleh pemerintahan militer Jorge Rafael Videla.

Pemerintahan Junta yang dipimpin oleh Videla, Roberto Viola, dan Leopoldo Galtieri bertanggung jawab atas penangkapan ilegal, penyiksaan, pembunuhan, atau penghilangan paksa atas 10.000 sampai 3.000 orang Argentina.

Kejahatan-kejahatan ini adalah bagian dari suatu rencana terorisme negara yang mencakup seluruh Amerika Selatan. Meluasnya operasi kejahatan ini mendapat sebutan Operasi Burung Kondor.

3. Bencana Lingkungan

Pada 24 Maret 1989, Kapal tanker Exxon Valdez menumpahkan lebih dari 11 juta galon minyak ke Prince William Sound di Teluk Alaska, Amerika Serikat. Kejadian itu menyebabkan musibah lingkungan yang sangat besar.

4. Dahsyat Tayang di RCTI

Acara hiburan Dahsyat tayang pertama kali di RCTI, pada 24 Maret 2008. Hadir tiap Senin hingga Jumat pagi, Dahsyat menjadi salah satu tontonan paling disukai masyarakat.

Dahsyat pada awalnya dibawakan oleh Olga Syahputa (almarhum), Raffi Ahmad dan Luna Maya.

5. ‎Jatuhnya Pesawat Germanwings

Penerbangan Internasional Germanwings 9525 ‎dengan rute Barcelona-El Prat, Spanyol menuju Bandara Dusseldorf, Jerman, jatuh di daerah Komine Prads-Haute-Bleone, sekira 30 kilometer timur laut Pegunungan Alpen, Prancis, pada 24 Maret 2015.

Insiden jatuhnya maskapai bertarif rendah milik Lutfhansa tersebut menewaskan 144 penumpang serta enam awak kabin. Ko-pilot diduga bunuh diri dengan sengaja menjatuhkan pesawatnya.

Kecelakaan pesawat Airbus A320 itu termasuk yang terparah sepanjang 2015. Korban terbanyak dari kecelakaan pesawat tersebut berasal dari Jerman dan Spanyol.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini