nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpin Apel Gabungan, Wiranto: Pemilu Serentak 2019 Akan Jadi Tonggak Sejarah

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 22 Maret 2019 09:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 22 337 2033447 pimpin-apel-gabungan-wiranto-pemilu-serentak-2019-akan-jadi-tonggak-sejarah-A4Po3GY8gu.jpg Apel gabungan pasukan pengamanan Pemilu 2019. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – TNI dan Polri beserta komponen masyarakat menggelar apel pasukan terpusat dalam menyambut pengamanan kampanye terbuka dan pemungutan suara Pemilihan Umum Serentak 2019. Upacara digelar di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019).

Apel dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Turut mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

(Baca juga: Bawaslu Selidiki Kasus 6 Guru di Banten Pose Dua Jari Dukung Prabowo-Sandi)

(Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Dalam upacara ini, Wiranto mengatakan bahwa Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi Republik Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni lima jenis pemilihan dalam waktu bersamaan.

"Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka pemilihan pemimpin nasional," kata Wiranto di lokasi apel gabungan.

Oleh karena itu, mantan Panglima Abri tersebut mengingatkan bahwa sukses atau tidaknya Pemilu 2019 sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat, baik langsung maupun tidak.

(Baca juga: Jokowi: Jabatan Presiden Jangan Diberikan yang Masih Coba-Coba)

(Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Ia mengatakan, partai politik dan masyarakat pun dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada. Selanjutnya para penyelenggara pemilu yakni KPU, Bawaslu, dan DKPP wajib menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan.

"Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di penyelenggara pemilu. Akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," ucap Wiranto.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini