nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucas Akan Tuntut Ganti Rugi ke KPK terkait Blokir Rekening

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 21:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 20 337 2032832 lucas-akan-tuntut-ganti-rugi-ke-kpk-terkait-blokir-rekening-99F3wZsQXx.jpg Sidang Lucas di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Terdakwa Lucas mengaku akan menuntut ganti rugi yang besar terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu ditempuh Lucas karena KPK masih memblokir rekening miliknya, padahal majelis hakim Pengadilan Tipikor sudah memutuskan rekening tersebut tidak berkaitan perkara. 

"Majelis kan ngomong enggak ada hubungannya sama sekali rekening itu, jadi selama ini rekening saya diblokir enam bulan gimana. Saya akan tuntut ganti rugi yang luar biasa nanti," kata Lucas usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat Rabu, (20/3/2019)

(Baca Juga: KPK Siap Hadapi Upaya Hukum Banding Lucas

Menurut Lucas, akibat rekeningnya diblokir, itu sangat berdampak dengan usaha dan kehidupan keluarganya. Padahal, klaim dia, dirinya masih memiliki tanggungan keluarga. 

"Berdampak dengan usaha saya, dengan kehidupan saya dan keluarga, dengan orang-orang yang ikut dengan saya, kewajiban saya. Semua jadi rusak gara-gara ini," ujarnya.

Lucas 

Karena itu, tegas Lucas, ‎pihaknya akan melakukan upaya hukum terkait hal tersebut, disamping upaya hukum atas pokok perkayanya.

"Saya ‎akan lakukan upaya hukum yang terbaik, sudah ada dulu hakim Syarifuddin melakukan hal yang sama," kata Lucas. 

Pada kesempatan sama, Lucas juga mengomentari soal putusan majelis hakim yang menurutnya sama sekali tak mempertimbangkan fakta-fakta persidangan. Lucas pada perkaranya divonis terbukti merintangi penyidikan KPK terhadap tersangka Eddy Sindoro. 

"Hal yang paling menyakitkan yang kita pikir ya itu berarti semua kesaksian itu tidak pernah ditimbang, orang yang pernah bersaksi di muka persidangan ini. Jaksa dan hakim tinggal membaca, meng-copy paste apa yang merupakan dakwaan dan tuntutan dari jaksa," kata Lucas. 

(Baca Juga: Advokat Lucas Divonis 7 Tahun Penjara karena Terbukti Larikan Eddy Sindoro

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis Advokat Lucas dengan pidana tujuh tahun penjara. Selain pidana pokok, Lucas juga diwajibkan membayar denda Rp600 juta subsidair enam bulan kurungan.

Hakim menyakini bahwa Lucas terbukti secara sah bersalah secara bersama-sama membantu pelarian mantan Petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro ke luar negeri. Padahal, saat itu Eddy Sindoro merupakan buronan KPK.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini