nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Advokat Lucas Divonis 7 Tahun Penjara karena Terbukti Larikan Eddy Sindoro

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 20:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 20 337 2032780 advokat-lucas-divonis-7-tahun-penjara-karena-terbukti-larikan-eddy-sindoro-B4qIMpukPB.JPG Advokat Lucas divonis hukuman 7 tahun kurungan penjara (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis advokat Lucas dengan hukuman tujuh tahun penjara. Selain pidana pokok, Lucas juga diwajibkan membayar denda Rp600 juta subsidair enam bulan kurungan.

Hakim menyatakan bahwa Lucas terbukti secara sah bersalah secara bersama-sama membantu pelarian mantan Petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro ke luar negeri. Padahal, saat itu Eddy Sindoro merupakan buronan KPK.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah secara bersama-sama merintangi penyidikan perkara korupsi dengan tersangka Eddy Sindoro," ‎kata Ketua Majelis Hakim, Frangki Tambuwun saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut bahwa Lucas tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan tidak berterus terang selama persidangan. Hal itu yang memberatkan putusan Lucas. Sementara yang meringankan, Lucas dianggap belum pernah dihukum dan masih memiliki tanggungan keluarga.

Sidang Lucas

Atas perbuatannya, Lucas dijerat hakim dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Korupsi ‎juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Putusan tersebut jauh lebih rendah dari tuntutan yang diajukan tim Jaksa. Sebelumnya, Jaksa KPK menuntut 12 tahun penjara dan denda 600 juta subsider enam bulan kurungan terhadap Lucas.

Menanggapi putusan tersebut, Lucas kecewa dan menyatakan akan mengajukan upaya hukum banding. "Saya kecewa walaupun saya menghormati putusan. Saya menolak putusan ini. Saya menyatakan banding," kata dia.

Sementara, pihak Jaksa KPK mengaku akan pikir-pikir untuk lakukan upaya hukum. Mengingat putusan masih jauh di bawah tuntutan jaksa.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini