nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turuti Pengusaha Mebel, Jokowi Pangkas Regulasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 19:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 13 337 2029583 turuti-pengusaha-mebel-jokowi-pangkas-regulasi-sistem-verifikasi-legalitas-kayu-KLxzeeCI5W.jpg (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memangkas regulasi penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) menjadi hanya sekali. Hal itu setelah aturan sebelumnya dikeluhkan para pengusaha dan pengrajin mebel.

"Nanti yang diberikan hanya di hulu saja, hilirnya tidak usah," ujar Jokowi saat peninjauan Indonesia Internasional Furniture Expo di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Jokowi memaparkan, penyederhanaan peraturan dalam dunia usaha sangat penting agar roda bisnis di Tanah Air dapat berjalan dengan cepat.

(Baca juga: Presiden Jokowi Senang Kualitas Produk Furnitur RI Naik Kelas)

"Semakin simpel, semakin cepat kita bisa bekerja. Menyederhanakan peraturan. Ini masalah teknis lapangan, tapi pemerintah harus dituntut untuk mendukung konkret," ujarnya.

Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia HMKI Soenoto menyampaikan, pengusaha mebel dan kerajinan harus dapat bersaing dengan pengusaha dari luar negeri, tetapi saat ini terdapat hambatan, yaitu SVLK yang dilakukan di hulu dan hilir.

"Kami bukan tidak setuju tapi kalau bisa diberlakukan di hulu saja jangan di hilir, karena hilir ini adalah user. Di hilir tidak perlu melakukan verifikasi ulang dan tidak mungkin juga verifikasi double, ini akan sangat menghambat," ucap Soenoto.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini