KPK Ajukan Upaya Banding Terhadap Vonis Billy Sindoro di Kasus Meikarta

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 13 Maret 2019 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 13 337 2029250 kpk-ajukan-upaya-banding-terhadap-vonis-billy-sindoro-di-kasus-meikarta-7J4j8TDTRH.jpg Hukum (Reuters)

JAKARTA - Tim Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan upaya hukum banding terhadap vonis Pengadilan Tipikor Bandung yang diberikan kepada terdakwa Billy Sindoro dalam perkara suap pengurusan perizinan pembangunan proyek Meikarta, di Cikarang, Bekasi.

"Saya ingin sampaikan jaksa penuntut umum KPK sudah mengajukan permohonan banding untuk vonis di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung terhadap terdakwa Billy Sindoro," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).

 Baca juga: Susul Billy Sindoro, 3 Terdakwa Lain Divonis Penjara di Kasus Meikarta

Pengadilan Tipikor Bandung sendiri sudah menjatuhkan hukuman pidana selama 3 tahun 6 bulan penjara (3,5 tahun) dan denda sebesar Rp100 juta subsidair dua bulan kurungan terhadap Billy Sindoro.

 Billy Sindoro

Vonis tersebut lebih ringan tiga tahun dari tuntutan yang diajukan Jaksa. Di mana, tim Jaksa mengajukan tuntutan 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsidair enam bulan kurungan terhadap Billy Sindoro.

Sementara itu, KPK menerima putusan terhadap terdakwa lainnya yakni, Fitradjaja Purnama, Henry Jasmen, dan Taryudi yang divonis bersama-sama dengan Billy Sindoro. Mereka divonis bersalah bersama-sama karena telah menyuap Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin.

 Baca juga: Terbukti Menyuap Perizinan Meikarta, Billy Sindoro Divonis 3,5 Tahun Penjara

"Sedangkan untuk terdakwa yang lain yang divonis bersama-sama waktu itu kami menyatakan menerima putusan tersebut karena dipandang sudah sesuai dan para terdakwa tersebut terbuka pada proses persidangan dan bahkan beberapa keterangannya juga membantu proses pembuktian," terang Febri.

F‎ebri menjelaskan alasan tim Jaksa mengajukan upaya hukum banding terhadap Billy Sinoro. Sebab, kata Febri, putusan hakim belum sesuai atau proporsional dengan tuntutan yang diajukan tim Jaksa.

"Dan yang kedua kami juga mencermati tentu saja dan kami harap nanti itu juga menjadi pertimbangan di tingkat banding bahwa Billy Sindoro sebelumnya juga pernah diproses dalam kasus tindak pidana korupsi oleh KPK," sambungnya.

 Baca juga: Bupati Neneng Didakwa Terima Rp10 Miliar dari Proyek Meikarta

Diketahui, Billy Sindoro, ‎Fitradjaja Purnama, Henry Jasmen, dan Taryudi divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor Bandung karena telah menyuap Neneng Hasanah Yasin dan sejumlah jajaran Pemkab Bekasi untuk memuluskan perizinan proyek pembangunan Meikarta‎.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini