Polri Sebut Teroris Sibolga Jaringan JAD yang Afiliasi dengan ISIS

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 13 Maret 2019 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 13 337 2029180 polri-sebut-teroris-sibolga-jaringan-jad-yang-afiliasi-dengan-isis-X992IRMJb3.jpg Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror melakukan penangkapan terhadap terduga teroris Husain alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal mengungkapkan, Husain alias Abu Hamzah merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan kelompok terorisme ISIS.

"Pelaku Jaringan JAD yang berafiliasi dengan ISIS," kata Iqbal kepada Okezone, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Selain itu, Iqbal menjelaskan, terduga teroris di Sibolga ini juga merupakan jaringan terduga teroris bernama Rinto Sugianto alias Putra Suhada yang ditangkap di Lampung, Sabtu 9 Maret 2019 lalu.

"Densus sudah menjajaki kelompok ini beberapa waktu yang lalu. Seorang pelaku (Rinto) sudah ditangkap kemarin di Lampung," tutur Iqbal.

Baca Juga: Polri Sebut Terduga Teroris Husain Merupakan Jaringan Lampung

Teroris

Iqbal memaparkan jika Densus telah mengawasi kelompok dari jaringan yang bersangkutan dari beberapa waktu lalu. Dari penangkapan terhadap Rinto itulah, pihak Kepolisian kemudian mengembangkan dan berhasil menangkap Husain di Sibolga.

"Densus lanjut mengembangkan ke Sibolga untuk menangkap tersangka lain jaringan lampung tersebut," terang dia.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror melakukan penggerebekan di rumah terduga teroris di Kota Sibolga. Sempat terdengar ledakan bom di lokasi kejadian. Pascaledakan petugas kepolisian langsung mensterilkan lokasi.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini