Polisi Pastikan Penangkapan Teroris di Sibolga Tak Terkait Rencana Kedatangan Jokowi

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 13 Maret 2019 04:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 13 337 2029170 polisi-pastikan-penangkapan-teroris-di-sibolga-tak-terkait-rencana-kedatangan-jokowi-pxF7k0C1ho.jpg Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal (Foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal memastikan bahwa penangkapan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah, tidak terkait dengan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) pada Minggu 17 Maret 2019 mendatang.

Rencananya, orang nomor satu di Indonesia itu akan melakukan kunjungan kerja ke tanah batak dengan agenda peresmian Pelabuhan Sibolga.

"Pengungkapan kasus teror di Sibolga tidak ada kaitan dengan rencana kedatangan Presiden Jokowi atau Pemilu," kata Iqbal kepada Okezone, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Menurut Iqbal, Densus 88 sudah menjajaki kelompok ini beberapa waktu lalu. Seorang pelaku kata dia sudah ditangkap di Lampung, Senin 11 Maret 2019. Kemudian Densus 88 mengembangkan ke Sibolga untuk menangkap tersangka lain jaringan Lampung tersebut.

"Pelaku merupakan jaringan JAD yang berafiliasi dengan ISIS," ujar Iqbal.

Baca Juga: Penangkapan Teroris di Sibolga Dinilai Perlawanan Membahayakan Pasca-Bom Surabaya

Teroris

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror melakukan penggerebekan di rumah terduga teroris di Kota Sibolga. Sempat terdengar ledakan bom di lokasi kejadian. Pascaledakan petugas kepolisian langsung mensterilkan lokasi.

Ledakan yang terjadi di lokasi menghebohkan warga. Kehebohan itu tergambar dari video yang beredar di media sosial. Selain kehebohan, dalam video juga terlihat sejumlah personel Brimob bersenjata lengkap berlarian.

Tampak pula becak motor yang membawa orang terluka keluar dari lokasi. Sementara ada ambulans yang mengarah masuk ke lokasi.

Baca Juga: Ledakan Beruntun di Rumah Terduga Teroris, Sibolga Mencekam

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini