nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu Siti Aisyah, Presiden Jokowi: Selamat Berkumpul dengan Keluarga

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 15:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 12 337 2028924 bertemu-siti-aisyah-presiden-jokowi-selamat-berkumpul-dengan-keluarga-5MjJ1z7Ee2.jpg Siti Aisyah saat ketemu Presiden Jokowi di Istana (Foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Siti Aisyah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang telah dinyatakan bebas oleh Mahkamah Malaysia dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam yang merupakan kakak tiri dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Jokowi mengaku bersyukur atas bebasnya Siti dari ancaman hukuman mati atas kasus tersebut. Saat ini, kata dia, Siti bisa berkumpul kembali dengan keluarganya di Tanah Air.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa Siti Aisyah sudah dapat terbebas dari ancaman hukuman yang sangat berat, dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya bapak ibunya dan kakaknya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Jokowi memastikan, pemerintah memberikan pendampingan hukum dalam kasus yang menimpa perempuan asal Serang, Banten tersebut.

 ssd

Pemerintah, kata Jokowi, telah menyewa pengacara sejak dua tahun lalu guna memastikan Siti bisa terbebas dari jeratan hukum yang mengancamnya. Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai Siti hanya orang yang dimanfaatkan dalam kasus tersebut.

"Ini adalah proses pendampingan hukum dari pemerintah yang sangat panjang yang lama yang terus-menerus antara lain dengan menyewa pengacara yang itu dilakukan sejak siti ditangkap kira-kira dua tahun yang lalu," imbuhnya.

Kepala Negara menerangkan, kasus Siti merupakan gambaran dari kepedulian warganya yang berada di luar negeri. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri juga telah menyerahkan Siti Aisyah kepada keluarganya.

"Dan saya ucapkan selamat berkumpul untuk Siti Aisyah dengan keluarga besarnya," tandasnya.

 ss

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini