nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siti Aisyah Temui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 12 337 2028885 siti-aisyah-temui-presiden-jokowi-di-istana-kepresidenan-WKYyTQFhwv.jpg Siti Aisyah saat ketemu Presiden Jokowi di Istana (Foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Siti Aisyah menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), usai dinyatakan bebas oleh Mahkamah Malaysia dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam yang merupakan kakak tiri dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Siti Aisyah pada Selasa (12/3/2019), sekitar pukul 14.00 WIB. Sementara, Siti Aisyah telah tiba di Istana sekitar pukul 13.30 WIB.

Berdasarkan pantauan Okezone, Siti sambangi Istana dengan berkerudung hitam dan mengenakan batik. Siti menemui Jokowi dengan membawa kedua orang tuanya.

Tak ada keterangan apapun yang disampaikan Siti Aisyah. Perempuan asal Serang, Banten itu langsung menuju Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan tertutup dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

 sd

Sebelumnya, Jokowi memastikan akan menerima Siti Aisyah kemarin. "Ya besok kita ketemu," singkat Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 11 Maret 2019.

Kepala Negara memaparkan bahwa proses pembebasan perempuan asal Serang, Banten itu merupakan buah dari kerja keras pemerintah dalam mengupayakan keadilan untuk warganya yang berada di luar negeri.

"Inikan proses panjang, pendekataan dari kedutaan, Kemenlu, dari Kemenkumham dan tentu saja kepedulian kita terhadap warga negara kita di luar negeri," paparnya.

Jokowi menilai, Siti bukan merupakan pembunuh Kim Jong-nam. Menurut dia, pemerintah tidak melihat adanya keterkaitan antara Siti dengan mata rantai operasi pembunuhan terhadap Kim Jong-nam tersebut.

"Ini proses panjang pendekatan panjang karena memang kita melihat dari jauh bahwa Siti ini bukan merupakan masuk dari jaringan itu, tapi memang di manfaatkan itu aja," tandasnya.

 sd

Sekadar diketahui, Siti Aisyah dan seorang warga negara Vietnam, Doan Thi Huong dituduh membunuh Kim Jong-nam, saudara tiri dari Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017. Pihak berwenang mengatakan bahwa keduanya tertangkap kamera melumurkan cairan yang diduga sebagai racun berbahaya VX ke wajah Kim Jong-nam di ruang tunggu bandara.

Setelah proses panjang, Siti Aisyah akhirnya dinyatakan bebas oleh Jaksa Penuntut Malaysia. Dengan begitu, Siti Aisyah bebas dari hukuman mati setelah jaksa penuntut Malaysia mencabut tuntutannya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini