nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi III DPR Putuskan Nama Hakim MK Besok

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 337 2028666 komisi-iii-dpr-putuskan-nama-hakim-mk-besok-kSt9kB91RJ.jpg DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi III DPR akan menentukan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada esok hari, Selasa 12 Maret 2019. Adapun pengumuman itu setelah melalui proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test 6-7 Februari lalu.

Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Suryani Ranik mengatakan, bila sudah menerima masukan dari empat ahli mengenai nama-nama yang mendaftar sebagai calon hakim MK.

“Kami Komisi III DPR sudah menerima masukan dari masukan empat ahli terkait dengan nama-nama dari 11 yang mendaftar untuk Calon Hakim MK di kamar DPR,” ujar Erma di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

(Baca Juga: MK Bakal Putuskan Uji UU ASN yang Diajukan Guru Honorer

Mahkamah Konstitusi

Politikus Partai Golkar menambahkan, Komisi III belum bisa memastikan terkait bagaimana mekanisme pengambilan keputusan calon hakim MK ini. Namun, kemungkinan besar pengambilan keputusan akan dilakukan secara voting.

“Kalau tidak bisa dengan musyawarah antar fraksi, kami akan berlanjut pada mekanisme voting karena 53 orang anggota Komisi III sudah siap besok hadir pukul 11.00 untuk mengikuti mekanisme pemilihan hakim MK,” ujar dia.

(Baca Juga: Penetapan Hakim MK Ditunda, Mahfud MD Nilai Ada Muatan Politis

Selain itu, sambung Erma, Komisi III berharap mendapatkan dua hakim MK yang memiliki integritas tinggi. Halim terpilih juga mampu mempertahankan konsistensi berpikir agar tak mudah terpengaruh.

"Kami ingin dapat hakim MK yang berintegritas tinggi. Kami ingin dapat yang punya pengetahuan konstitusi yang bagus dan juga konsistensi berpikir yang bagus karena mereka ini adalah orang yang menjaga konstitusi kita. Integritas tinggi pengetahuan bagus tapi konsistensi berpikir tidak bagus ini repot dia ditekan sedikit udah geser-geser, ini kita enggak mau nih," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini