nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Minta Pemerintah Perhatikan Masa Depan Siti Aisyah Pasca-Bebas

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 337 2028580 dpr-minta-pemerintah-perhatikan-masa-depan-siti-aisyah-pasca-bebas-H5fkF0L2xd.JPG Konferensi Pers Ketibaan Siti Aisyah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jaktim (Foto: Puternegara/Okezone)

JAKARTA - Siti Aisyah Warga Negara Indonesia (WNI) akhirnya bebas dari tuntutan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, saudara tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia.

Terkait kasus yang mendera Siti Aisyah, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Satya Yudha menyarankan pemerintah ke depannya lebih memerhatikan nasib Siti pasca-kembali ke Tanah Air. Apalagi, ia menduga selama ini Siti Aisyah sangat menderita dalam menghadapi kasus tersebut. Sehingga diperlukan sebuah perlindungan hidup dari pemerintah

“Kita berharap supaya Siti Aisyah juga mendapatkan perlindungan sekembalinya dia di Indonesia. Perlindungan yang dimaksud adalah mulai dari pekerjaan dan juga bagaimana nasib dia ke depannya,” ujar Satya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Satya mengaku dirinya sangat bahagia kala mendengar kabar Aisyah terbebas dari hukuman mati lantaran dianggap terlibat dalam pembunuhan berencana bersama seorang perempuan Vietnam, Doan Thu Huong, terhadap Kim Jong-nam.

“Jadi, paling tidak kita gembira bahwa dia tidak mempunyai suatu implikasi hukum terhadap kasus yang selama ini didakwa, dia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari konspirasi politiknya Korea Utara,” tuturnya.

Konpers Pembebasan Siti Aisyah

Siti Aisyah dan seorang warga negara Vietnam, Doan Thi Huong sebelumnya dituduh membunuh Kim Jong-nam, saudara tiri dari Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017. Pihak berwenang mengatakan bahwa keduanya tertangkap kamera melumurkan cairan yang diduga sebagai racun berbahaya VX ke wajah Kim Jong-nam di ruang tunggu bandara.

Kini, Siti Aisyah dinyatakan bebas oleh Jaksa Penuntut Malaysia. Dengan begitu, Siti Aisyah bebas dari hukuman mati setelah jaksa penuntut Malaysia mencabut tuntutannya. Keputusan jaksa tersebut tak lepas dari hasil perjuangan panjang pemerintah RI melobi Malaysia agar membebaskan Siti Aisyah yang diyakini bukan pembunuh Kim Jong-nam.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini