nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBNU Sambut Bahagia Siti Aisyah Bebas dari Hukuman Mati

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 14:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 337 2028430 pbnu-sambut-bahagia-siti-aisyah-bebas-dari-jerat-hukum-nifK64Ttpb.jpg Robikin Emhas, Ketua PBNU Bidang Hukum dan HAM, Perundang-undangan (Foto: Ist)

JAKARTA - Ketua PBNU Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM) dan Perundang-undangan, Robikin Emhas menyambut positif atas bebasnya Siti Aisyah dari tuntutan pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Malaysia.

“Turut bahagia atas bebasnya Siti Aisyah dari jerat hukum,” ujar Robikin sebagaimana keterangan yang diterima Okezone, Senin (11/3/2019).

Robikin menyatakan, Siti Aisyah dinyatakan tidak bersalah oleh Pengadilan Malaysia karena Siti Aisyah meyakini adegan yang ada hanya reality show, tidak ada niat membunuh Kim Jong-nam.

“Selain itu, Siti Aisyah hanya diperalat orang lain dan ia tidak menyadari hal itu. Dia, Siti Aisyah juga tak mendapat keuntungan dari perbuatannya,” ujarnya.

(Baca Juga: Bebasnya Siti Aisyah, Polri: Ini Hasil Kerjasama Pemerintah Indonesia dan Malaysia

Sebagai lawyer, Robikin percaya putusan ini diperoleh dengan penuh perjuangan. Justice for all, keadilan layak diterima oleh setiap orang dan tak pandang bulu. “Semangat melindungi warga negara, dimana pun berada, yang dilakukan pemerintah patut diapresiasi. Terima kasih Pemerintah Malaysia, terima kasih Pemerintah Indonesia,” tuturnya.

 Siti Aisyah

Sebagaimana diketahui, Siti Aisyah bebas dari hukuman mati setelah jaksa penuntut Malaysia mencabut tuntutannya. Keputusan jaksa tersebut tak lepas dari hasil perjuangan panjang pemerintah RI melobi Malaysia agar membebaskan Siti Aisyah yang diyakini bukan pembunuh Kim Jong-nam.

(Baca Juga: Menlu Retno: Kita Sudah Bekerja Cukup Lama Membebaskan Siti Aisyah

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini