nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu Retno: Kita Sudah Bekerja Cukup Lama Membebaskan Siti Aisyah

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 13:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 337 2028384 menlu-retno-kita-sudah-bekerja-cukup-lama-membebaskan-siti-aisyah-bQTWhBGM8w.jpg Menlu Retno Marsudi memberi keterangan pers (Wikanto/Okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan, pemerintah sedang mengatur kepulangan Siti Aisyah dari Malaysia. Perempuan asal Serang, Banten itu sudah dinyatakan bebas dari tuduhan membunuh Kim Jong-nam, saudara tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Siti Aisyah bebas dari hukuman mati setelah jaksa penuntut Malaysia mencabut tuntutannya.

Keputusan jaksa tersebut tak lepas dari hasil perjuangan panjang pemerintah RI melobi Malaysia agar membebaskan Siti Aisyah yang diyakini bukan pembunuh Kim Jong-nam.

“Yang bersangkutan (Siti Aisyah) saat ini sedang bersama tim kita di KBRI Kuala Lumpur dan sedang mengatur upaya untuk pemulangan yang bersangkutan,” ujar Retno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Retno menilai, dicabutnya hukuman mati kepada Siti Aisyah merupakan buah dari serangkaian panjang perjuangan pemerintah Indonesia. Selain melobi Malaysia, pemerintah juga memberi pendampingan hukum kepada Siti Aisyah selama mengikuti persidangan di Kuala Lumpur.

 

Polisi Malaysia membawa Siti Aisyah dan Doan Thi Huong (AFP)

“Jadi kita sudah bekerja cukup lama, kita ada pengacara yang mendampingi Siti Aisyah selama proses persidangan di KL,” ujar Retno.

Sebelumnya, Siti Aisyah dan seorang warga Vietnam, Doan Thi Huong dituduh membunuh Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur, pada 13 Februari 2017.

Pihak berwenang mengatakan bahwa keduanya tertangkap kamera melumurkan cairan yang diduga sebagai racun berbahaya VX ke wajah Kim Jong-nam di ruang tunggu bandara.

Siti Aisyah dan Doan membantah membunuh kakak tiri Kim Jong-un itu. Keduanya mengaku telah diperalat lewat acara iseng atau prank.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini