nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Pastikan Gaji PNS Naik Bulan Depan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 18:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 08 337 2027536 presiden-jokowi-pastikan-gaji-pns-naik-bulan-depan-w9FpZ1KKGD.jpg Presiden Jokowi

LAMPUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan gaji para Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan naik pada bulan April 2019.

Saat ini, kata dia, pemerintah akan segera merampungkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang kenaikan gaji PNS yang ditargetkan rampung pada Maret 2019. Dengan begitu, kenaikan gaji PNS dapat dibayarkan pada April 2019.

"Tadi waktu salam-salaman ada yang menanyakan, 'Pak ini PNS gajinya naik kapan?' Saya jawab PP-nya baru disiapkan, saya kira Maret ini selesai, sehingga awal April sudah diberikan kenaikan," kata Jokowi saat peresmian ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (8/3/2019).

Mendengar pidato Kepala Negara itu, para PNS yang ada di lingkungan Provinsi Lampung langsung menyambut dengan riuh tepuk tangan.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Semua PNS Dekat Masyarakat, Sering ke Lapangan)

Kenaikan gaji PNS juga telah dianggarkan dalam APBN 2019. Sehingga para PNS akan langsung menerima gaji ke-13 dan ke-14 yang akan dikucurkan saat mendekati perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Diberikan kenaikan kepada bapak-ibu sekalian dirapel, plus gaji 13 dan 14," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sekadar diketahui, sejak Januari 2019 gaji para PNS akan mengalami kenaikan dengan rata-rata naik di atas 5 persen.

Kenaikan gaji itu belum dibayarkan lantaran belum rampungnya PP tentang kenaikan gaji itu. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp215 triliun untuk membayar gaji PNS dan pensiunan, yang mencakup kenaikan gaji rata-rata 5 persen, pembayaran gaji ke-13, dan penyaluran THR tahun depan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini