nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eddy Sindoro Divonis 4 Tahun Penjara

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 337 2026745 eddy-sindoro-divonis-4-tahun-penjara-cmZ9320NK4.jpg Terdakwa Edy Sindoro saat divonis majelis hakim (foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonis empat tahun penjara dengan denda Rp200 juta, dan subsidair tiga bulan kurungan terhadap mantan Chairman PT Paramount Enterprises, Eddy Sindoro.

Ketua Majelis Hakim Tipikor Hariono dalam amar putusannya menyatakan bahwa Eddy Sindoro telah terbukti secara sah, dan meyakinkan telah menyuap Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Edy Nasution dalam perkara suap pengurusan perkara.

"Mengadili, menyatakan Eddy meyakinkan melakukan praktik korupsi sebagaimana dakwaan primer. Menjatuhkan pidana 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta dengan subsidair 3 bulan," kata Ketua Majelis Hakim Hariono di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

 sd

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menyatakan bahwa, Eddy Sindoro terbukti telah memberikan suap ke Edy Nasution sebesar Rp150 juta fam USD50 ribu.

Uang tersebut diberikan dengan maksud dan tujuan agar dapat menunda menunda proses pelaksanaan Aanmaning terhadap PT Metropolitan Tirta Perdana (PT MTP) yang seharusnya membayar uang pengganti.

Selain itu, dalam amar putusannya, pemberian suap itu juga bertujuan agar Panitera Pengadilan Jakarta Pusat menerima pendaftaran Peninjauan Kembali (PK) PT Across Asia Limited (PT AAL), meskipun telah lewat batas waktu yang ditentukan oleh Undang-undang.

 sd

Sementara itu, hal yang memberatkan Eddy Sindoro, antara lain adalah tidak mendukung program pemerintah dalam memberangus praktik korupsi. Serta tidak mengakui perbuatannya selama proses persidangan.

"Sementara yang meringankan adalah bersikap sopan selama persidangan dan tidak pernah dihukum serta masih memiliki tanggungan keluarga," tutur Hakim Hariono.

Atas perbuatannya, Eddy Sindoro terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini