nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perannya Diungkap Dalam Tuntutan, Lucas Minta KPK Jerat Dina Soraya

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 16:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 337 2026664 perannya-diungkap-dalam-tuntutan-lucas-minta-kpk-jerat-dina-soraya-Dw9Jyhefuy.jpg Pengacara Lucas. (Foto : Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum KPK mengungkap adanya peran dari Sekretaris PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya, dalam kasus dugaan merintangi proses penyidikan Lucas. Dalam hal ini, Jaksa menyebut Dina membantu Lucas untuk membantu pelarian dari Eddy Sindoro.

Hal tersebut disampaikan Jaksa Penuntut KPK saat membacakan tuntutan 12 tahun penjara dan denda Rp600 juta subsidair enam bulan kurungan terhadap Lucas di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

Mengenai hal tersebut, Lucas meminta kepada penyidik KPK untuk turut menjerat Dina Soraya sebagai tersangka dalam kasus dugaan merintangi penyidikan ini. Mengingat, Jaksa KPK sudah mengungkap peran dari Dina Soraya.

"Jadi semua cerita yang dibangun ini adalah cerita fiksi. Di mana Dina Soraya seharusnya tersangka, menjadi tidak tersangka dengan cara mengubah BAP. BAP-nya diubah," kata Lucas mendengar tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Terkait hal ini, Lucas menegaskan, dirinya tak mengenal sosok dari Dina Soraya yang merupakan Sekretaris PT Gajendra Adhi Sakti itu.

Eddy Sindoro diborgol KPK. (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

"Saya tidak ada sama sekali urusan dengan Dina Soraya. Dia punya bos sendiri. Semua orangnya itu satu kelompok. Apa urusannya dengan Lucas," tutur Lucas.

Sementara itu, Lucas bersama penasihat hukumnya mengaku akan menyiapkan nota pembelaan atau pleidoi atas tuntutannya. "Saya hanya minta keadilan kepada Tuhan YME, berdoalah saya," ucap Lucas.

Sekadar diketahui, dalam sidang sebelumnya, Dina mengaku mendapat perintah dari Jimmy alias Lee untuk mengatur pelarian Eddy Sindoro yang saat itu hendak pulang ke Indonesia.

Jaksa KPK meyakini, Pengacara Lucas membantu pelarian terdakwa kasus suap pengurusan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Eddy Sindoro.

Dalam surat tuntutannya, Jaksa menyebut bahwa, Lucas dibantu dengan Sekretaris PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya. Pasalnya, Lucas meminta Dina untuk membantu melarikan Eddy Sindoro ke luar negeri.

(Baca Juga : Terdakwa Lucas Dituntut 12 Tahun Penjara)

Hal ini dilakukan agar Eddy Sindoro yang dijerat KPK sebagai tersangka berkaitan dengan pengurusan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dia ditetapkan sebagai tersangka sejak 2016 dan kabur ke luar negeri selama 2 tahun sebelum menyerahkan diri.

Atas perbuatannya, Lucas disangka melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(Baca Juga : Lucas Sebut Tuntutan 12 Tahun Penjara Jaksa KPK Beraroma Dendam)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini