nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucas Sebut Tuntutan 12 Tahun Penjara Jaksa KPK Beraroma Dendam

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 16:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 06 337 2026646 lucas-sebut-tuntutan-12-tahun-penjara-jaksa-kpk-beraroma-dendam-07ZhMj9qe4.jpg Pengacara Lucas saat menjalani sidang di PN Tipikor. (Foto : Puteranegara Batubara/Okezone)

JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum pada KPK menuntut terdakwa kasus dugaan merintangi proses penyidikan KPK, Lucas, dengan hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp600 juta subsidair enam bulan kurungan.

Menanggapi hal tersebut, Lucas menduga tuntutan hukuman maksimal dari Jaksa KPK beraroma penuh dendam. Menurutnya, dalam menyusun surat tuntutan, Jaksa KPK dinilai tidak mengedepankan sifat objektif.

"Jadi, tuntutan hari ini dari JPU itu adalah kekeliruan yang sangat besar. Ini sudah saya duga seperti ada dendam. Ada ketidaksenangan," kata Lucas usai sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Penuh dendam itu, Lucas menjelaskan, lantaran selama proses persidangan seluruh saksi dan munculnya fakta di meja hijau tidak pernah mengarah kepadanya terkait dugaan merintangi penyidikan.

"Sangat tidak objektif, penuh subjektivitas. Yang kita harus garis bawahi adalah benar-benar saya tidak ada peranan sama sekali," ucap Lucas.

Sidang Lucas di Pengadilan Tipikor. (Dok Okezone)

Di sisi lain, Lucas kembali menegaskan, tak pernah membantu terdakwa suap pengurusan perkara di Pengadilan Jakarta Pusat Eddy Sindoro dalam pelariannya ke luar negeri.

"Yang kedua semua yang dikatakan soal akun facetime kaisar, itu bukan akun punya saya. Itu sudah nyata-nyata punyanya si Jimmy. Demikian disampaikan Dina Soraya, Michael Sindoro, ES sudah bilang, dan Stephen Sinarto," tutur Lucas.

Jaksa KPK meyakini Pengacara Lucas membantu pelarian terdakwa kasus suap pengurusan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Eddy Sindoro.

Dalam surat tuntutannya, Jaksa menyebut Lucas dibantu dengan Sekretaris PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya. Pasalnya, Lucas meminta Dina untuk membantu melarikan Eddy Sindoro ke luar negeri.

(Baca Juga : Terdakwa Lucas Dituntut 12 Tahun Penjara)

Hal ini dilakukan agar Eddy Sindoro yang dijerat KPK sebagai tersangka berkaitan dengan pengurusan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dia ditetapkan sebagai tersangka sejak 2016 dan kabur ke luar negeri selama 2 tahun sebelum menyerahkan diri.

Atas perbuatannya, Lucas disangka melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(Baca Juga : Pakar Hukum: Kesaksian Dina Soraya di Sidang Lucas Mencla-mencle)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini