nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DMI: Imam Masjid Punya Peran Strategis Bentuk Manusia Berakhlak Mulia

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 02:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 06 337 2026335 dmi-imam-masjid-punya-peran-strategis-bentuk-manusia-berakhlak-mulia-uwi27EMUBu.jpg Wakil Ketua DMI Syafruddin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin mengukuhkan Pengurus Pusat Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) masa khidmat 2019-2024 di Masjid Istiqlal Jakarta. Menurutnya, fungsi strategis yang dimiliki oleh seorang imam masjid yaitu motor penggerak untuk melahirkan manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.

"Membangun masjid merupakan hal penting, tetapi membangun manusia yang mau bersujud itu jauh lebih penting dan memerlukan waktu lebih lama daripada membangun masjid," ujar di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Pada kesempatan itu, Syafruddin juga menyampaikan pesan dari Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, yang mengapresiasi kepengurusan IPIM dalam peran aktifnya untuk mengembangkan Islam di Indonesia.

"Pak Jusuf Kalla juga menyampaikan pesan melalui saya, beliau sangat mengapresiasi kontribusi positif yang telah ditunjukan pengurus IPIM selama ini dalam pengembangan kualitas imam masjid di Indonesia," tutur dia.

(Baca Juga: DMI Bahas Rencana Pembangunan Museum Rasulullah yang Modern & Canggih

Dia juga menuturkan, kualitas imam masjid di Indonesia saat ini sangat baik. Terbukti banyaknya permintaan dari dunia internasional agar Indonesia mengirimkan imam.

"Emir Qatar melalui DMI meminta imam-imam Indonesia untuk mengajar dan menjadi pemimpin di masjid mereka. Bahkan saat saay berkunjung ke Uni Emirat Arab, dubes kita (Indonesia) mengatakan permintaan imam asal Indonesia sangat tinggi," katanya.

Wakil Ketua DMI Syafruddin 

Maka itu, lanjut dia, kesempatan baik bagi Indonesia untuk menunjukan kepada dunia bahwa Islam itu penuh kedamaian. Syafruddin juga menjelaskan program kerja yang dilakukan DMI selama ini yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Selain itu, juga DMI berhasil menyatukan seluruh organisasi remaja dan pemuda masjid yang ada di Indonesia saat ini.

"Melalui DMI kami menyatukan seluruh organisasi remaja dan pemuda masjid dalam kepengurusan bersama agar langkah dan gerak mereka semakin selaras untuk perkembangan Islam," kata dia.

Syafruddin meminta para imam masjid untuk terus menjaga persatuan antara umat beragama di Indonesia. Selain itu juga saling membantu dengan sesama organisasi Islam yang ada. "Sebab organisasi Islam yang kuat menjadi modal utama bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang ada," tuturnya.

(Baca Juga: Ribuan Jamaah Padati Tausiah Optimis Indonesia Maju

Pengukuhan Pengurus Pusat IPIM dihadiri oleh Ketua Umum IPIM yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, hadil pula Plt Sekjend DMI yang juga pengurus IPIM Arief Rosyid dan seluruh pengurus baru IPIM yang berjumlah 75 orang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini