Share

Kemenag: Hal-Hal Krusial Persiapan Haji 2019 Sudah Rampung

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 05 Maret 2019 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 05 337 2025938 kemenag-hal-hal-krusial-persiapan-haji-2019-sudah-rampung-mzVAuCPoQ6.jpg Direktur Bina Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi H Dasir. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Direktur Bina Haji Kementerian Agama Khoirizi H Dasir mengatakan pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan pelaksanaan ibadah haji 2019. Menurut dia, hal-hal krusial menyangkut persiapan sudah rampung dan sebagian lainnya sedang berjalan.

"Persiapan haji ini tidak pernah berhenti. Sejak Desember kemarin Pak Menteri (Menag Lukman) sudah melakukan negosiasi dan MoU," ujar Khoirizi saat dialog dengan Okezone di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Senin 4 Maret 2019.

Khoirizi menuturkan, jajarannya di daerah telah melakukan manasik haji. Sementara tim pengadaan sudah berangkat ke Arab Saudi untuk bernegosiasi mengenai akomodasi, konsumsi, dan transportasi untuk para jamaah.

"Alhamdulillah semuaya sudah berjalan," ucap Khoirizi.

(Baca juga: Biaya Haji 2019 Tak Naik, Menag Janji Tingkatkan Pelayanan)

Ilustrasi jamaah haji. (Foto: Okezone)

Ia melanjutkan, persiapan pelaksanaan ibadah haji 2019 dengan DPR RI juga sudah rampung. Pembicaraan tentang biaya ke Tanah Suci telah mendapat pengesahan dari anggota parlemen, jadi saat ini tinggal menunggu Keppres-nya.

Diketahui pada 4 Februari 2019, Komisi VIII DPR RI bersama pemerintah yang diwakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengesahkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 2019.

(Baca juga: 9 Kementerian Teken MoU Awasi Penyelenggaraan Umrah)

Komisi VIII menyatakan pada tahun ini jamaah haji membayar biaya operasional rata-rata Rp35.235.602. Angka ini disebutkan tidak mengalami kenaikan dari BPIH 2018.

"Dengan DPR sudah selesai, Keppres akan turun dan lakukan pelunasan. Pak Menteri tak pernah berhenti melakukan (persiapan haji)," ujar Khoirizi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini