nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNN Ringkus Jaringan Pengedar Ekstasi Jerman yang Dikendalikan dari Penjara

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 04 337 2025656 bnn-ringkus-jaringan-pengedar-ekstasi-jerman-yang-dikendalikan-dari-penjara-SmgBlsDqI2.jpg Petugas BNNP DKI Jakarta Gelar Jumpa Pers (Foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta mengungkap jaringan pengedar ekstasi yang dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Ada 14.699 butir ekstasi berasal dari Jerman yang disita oleh tim BNNP DKI Jakarta.

"Bahwa ini jaringan internasional yang bekerjasama dengan orang di Lapas. Lapas di Jakarta," kata Kepala BNNP DKI Jakarta, Brigjen Johny Latupeirissa saat menggelar konpers di kantornya, Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2019).

Awalnya, tim BNNP mendapatkan informasi dari Bea Cukai bahwa ada paket ribuan ekstasi yang telah tiba di Jakarta, pada‎ 25 Februari 2019. Ribuan paket ekstasi asal Jerman tersebut akan dikirim ke sebuah alamat di daerah Tambora dan Taman Sari, Jakarta Barat.

Baca Juga: Kabareskrim Benarkan Politikus Demokrat Andi Arief Tertangkap Narkoba

BNNP

Ribuan ‎paket tersebut dikirim melalui pos. Kemudian, tim BNNP berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia perihal adanya paket ribuan ekstasi tersebut. Pada 28 Februari 2019, PT Pos mengirimkan paket ribuan butir ekstasi tersebut ke alamat yang dituju.

Namun, paket tersebut tidak ada yang menerima ketika sudah tiba di lokasi yang dituju. Pegawai PT Pos mengirimkan surat ke alamat tempat pengiriman paket tersebut yang berisikan pesan untuk kembali keesokan harinya menyerahkan paket tersebut.

Pada, 1 Maret 2019, terdapat dua orang berinisial E dan D yang mengambil paketan tersebut dengan menunjukkan resi sesuai dengan barang kirimannya. Tim Satgas pun langsung menangkap keduanya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Tim melakukan pengembangan terkait penyelundupan ribuan ekstasi ‎tersebut. Berbekal keterangan dari dua pelaku, tim pun mengamankan seorang wanita berinisial M. Pihak BNNP masih menelisik keterlibatan bandar ekstasi yang berada di dalam Lapas Jakarta.

"Kita sudah mengantongi jaringan yang diatasnya," katanya.

Baca Juga: Ditangkap karena Narkoba, Andi Arief Sempat Menolak Dites Urine

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini