PKS Disebut Canangkan 1 Maret sebagai Hari Poligami Nasional, Ini Faktanya

Ade Putra, Okezone · Senin 04 Maret 2019 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 337 2025512 pks-disebut-canangkan-1-maret-sebagai-hari-poligami-nasional-ini-faktanya-jR9UiThYGF.jpg Ilustrasi

POSTER yang menampilkan kalimat seolah PKS mendukung penetapan 1 Maret sebagai Hari Poligami Nasional beredar di media sosial. Seperti yang diposting akun twitter Jeng Rini.

Dalam postingan yang sudah di-retweet 147 kali saat tangkapan layar diambil, Senin (4/3/2019) itu, Jeng Rini juga menambahkan narasi sebagai berikut:

"Pagi2 nemu begini kok jijik ya. Poligami ya sana poligami. Ga usah sok bener, pamer n bangga. Ini seriusan dr PKS ?! Beneran didukung prab ? 100ribu cm dapet cabe bawang aja laki-bini kelahi. Mau sekalian program kelahi nasional ?!".

Sementara dalam poster yang juga berisi foto Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS Sohibul Iman beserta logo hingga akun media sosial PKS itu, tertulis narasi:

"Ditetapkan 1 Maret sebagai Hari Poligami Nasional adalah bukti keseriusan Prabowo dalam usahanya menjadikan Poligami sebagai program nasional".

"1 Maret sebagai Hari Poligami Nasional, mari diteladani poligami dalam kehidupan rakyat".

Setelah ditelusuri, informasi itu adalah konten palsu alias hoaks. Dalam hoaks lainnya, foto Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid juga ikut ditampilkan.

Melalui akun instagram terverifikasi pada 2 Maret 2019, PKS langsung membuat klarifikasi dan menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Dari hasil penulusuran, gambar latar belakang tersebut diambil di-website PKS dalam artikel: "Milad PKS ke-17, Ibu-ibu Berlomba Hias Tumpeng di Salatiga".

Sedangkan foto unsur pimpinan PKS diambil dari YouTube di channel PKS TV, waktu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di DPP PKS. Postingan video itu pada 11 Desember 2016.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini