Jokowi Dinobatkan Jadi Presiden yang Peduli Bakso

Wijayakusuma, Okezone · Senin 04 Maret 2019 00:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 337 2025358 jokowi-dinobatkan-jadi-presiden-yang-peduli-bakso-C5oP9amNV4.jpg Jokowi di Tengah Ribuan Pedagang Bakso dan Mie Ayam (foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI - Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) mengapresiasi kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara "Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu". Para pedagang bahkan menobatkan Jokowi sebagai satu-satunya kepala negara yang peduli terhadap bakso.

Penobatan tersebut menurut Dewan Pembina Papmiso, Nyumarno, dilihat dari beberapa hal yang pernah dilakoni Jokowi yang bersinggungan dengan bakso.

Jokowi di tengah ribuan Pedagang Bakso dan Mie Ayam (Foto: Wijayakusuma/Okezone)

(Baca Juga: Makan Bakso Bareng Warga Bekasi, Jokowi Pamer 3 Kartu "Sakti") 

"Dalam beberapa kunjungan kepala negara lain ke Indonesia, Presiden selalu menyediakan menu bakso. Misalnya saat kedatangan Raja Salman dan Obama, waktu itu disajikan bakso ke tamu negara tersebut," kata Nyumarno di lokasi acara di Deltamas, Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/3/2019).

Hal lainnya adalah kemampuan Jokowi menstabilkan harga daging selama kepemimpinannya. Terbukti sejak 4 tahun terakhir harga daging terbilang relatif stabil, termasuk saat Lebaran.

"Dan hari ini beliau menetapkan bakso sebagai salah satu makanan kuliner khas nusantara. Karena itu kami sangat berterimakasih kepada bapak Presiden atas penetapan ini," ujarnya.

Ia juga berharap pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) untuk legalisasi kehalalan produk pedagang mikro dan pedagang kecil, dapat segera diwujudkan pemerintah.

"Karena kita kan butuh banget untuk dagang bakso. Terus kita butuh ngurus halal itu jangan sampai ribet dan berbelit-belit, apalagi biayanya mahal," imbuhnya.

Jokowi di tengah ribuan Pedagang Bakso dan Mie Ayam (Foto: Wijayakusuma/Okezone)	 

Masih di lokasi sama, Sekretaris Papmiso, Bambang Hariyanto menyampaikan apresiasi dari para pedagang bakso dan mie ayam atas kinerja Jokowi selama memimpin Indonesia.

"Kita mengapresiasi bapak Presiden yang berkenan hadir memenuhi undangan kami, meski kami hanya pedagang bakso. Kami juga mengapresiasi selama 4 tahun pemerintahan pak Jokowi, tidak ada lonjakan harga daging yang berarti setiap Lebaran," kata Bambang.

Bambang menyebutkan, sekira 40.000 porsi bakso dan mie ayam, disajikan kepada warga yang hadir di lokasi. Ini sekaligus memecahkan rekor MURI sebagai kategori makan bakso terbanyak se Indonesia.

"40.000 porsi bakso kita siapkan untuk masyarakat. Ini menghabiskan sekitar 1,2 ton daging. Kita juga telah pecahkan Rekor MURI dengan makan bakso 36.000 mangkok hari ini," paparnya.

Dalam sambutannya di hadapan ribuan massa, Jokowi menyebutkan bahwa dirinya juga merupakan penyuka kuliner bakso dan mie ayam.

(Baca Juga: Jokowi Ingin Jadikan Bakso dan Mie Ayam Makanan Khas Nusantara)

Jokowi di tengah ribuan Pedagang Bakso dan Mie Ayam (Foto: Wijayakusuma/Okezone)	 

"Dua-duanya saya senang, mie ayam saya senang, bakso juga saya senang," katanya.

Ia bahkan mengaku sengaja tidak sarapan sejak pagi, dikarenakan ingin makan bakso di acara tersebut.

"Saya dari pagi belum makan, karena mau makan bakso bersama di sini," ujarnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini