nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Hadapan Generasi Muda, Azwar Anas Sebut Jokowi Gerakkan Ekonomi Kreatif untuk Memajukan Daerah

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 02 337 2025061 di-hadapan-generasi-muda-azwar-anas-sebut-jokowi-gerakkan-ekonomi-kreatif-untuk-majukan-daerah-T6xKSh0J4O.jpg Abdullah Azwar Anas (foto: Okezone)

JAKARTA - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyampaikan, ekonomi kreatif menjadi kunci kemajuan suatu daerah. Dia menyampaikan, Joko Widodo (Jokowi) memiliki konsentrasi besar dalam menggerakan ekonomi kreatif selama kepemimpinanya sebagai Presiden.

"Kepala daerah dengan cara konvensional enggak akan sukses. Ekonomi kreatif adalah kunci," kata Anas, kepada ratusan pelajar dan mahasiswa dalam diskusi 'Gen Milenial Bicara Pancasila' di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019).

(Baca Juga: Di Depan Milenial, Menteri Susi: Jangan Lihat Saya Sekarang, Tapi Lihat Prosesnya) 

Anas mengaku, sudah hafal memimpin daerah dengan baik karena sejak 2010 menjadi Bupati Banyuwangi yang diusung PDI Perjuangan. Dia yakin ekonomi kreatif jadi solusi akan isu-isu pengangguran di tiap daerah.

Sejak 2016, Banyuwangi menjadi pilot project pengembangan industri kreatif berbasis data, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Sasarannya, kata dia, adalah desa dan UMKM, dengan ruang lingkup pendampingan edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif, akses permodalan, infrastruktur, pemasaran, regulasi, serta hubungan antarlembaga dan wilayah.

"Presiden Jokowi adalah yang pertama menggerakkan ekonomi kreatif. Presiden sudah beri semua tools, tinggal kepala daerah mau sambut atau tidak," ucap pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973 tersebut.

Pada 2017, Anas menggandeng GoJek Indonesia untuk menjalankan program antar obat ke rumah. Menurut dia, kolaborasi tak bisa dielakkan di era digital seperti saat ini.

Sebelumnya, Anas sudah meluncurkan Desa Pintar untuk menggenjot inovasi ekonomi dan layanan publik di desa-desa dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pada 2018, Banyuwangi terpilih menjadi smart city ASEAN bersama Jakarta dan Makassar dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN.

(Baca Juga: 41 Tahun Istiqlal, PDIP: Masjid Kokoh Lambangkan Kemerdekaan dan Toleransi) 

"Inilah bentuk menerjemahkan Pancasila yang kekinian," ujar peraih penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik tahun 2018 tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia, Richard Sam Berra menyampaikan, anak-anak muda harus selalu berpikir dan bertindak positif dalam mengejar impiannya. Sibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat serta pantang menyerah menikmati semua prosesnya.

"Berpikir positif, kerja positif, hasilnya pasti positif," ucap pemegang rekor renang 100 m Sea Games tersebut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini