nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal E-KTP WNA, Kemendagri: Banyak Warga Asing Belum Terdata

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 14:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 02 337 2024927 soal-e-ktp-wna-kemendagri-banyak-warga-asing-belum-terdata-xPXA3Nm2uQ.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan masih banyak Warga Negara Asing (WNA) yang belum terdata, dan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) bagi warga luar negeri.

Sesditjen Dukcapil Kemendagri, I Gede Suratha menyebut dengan adanya perbincangan mengenai kepemilikan kartu identitas Tenaga Kerja Asing (TKA) yang mempunyai e-KTP di Cianjur, Jawa Barat, maka hal itu sekaligus menjadi salah satu proses sosiliasasi mengenai identitas warga asing.

"Ada kemungkinan (tidak terdata), ada kemungkinan justru dengan sosialisasi ini dengan peristiwa ini, jangan-jangan tadinya pemegang Kitap ini yang tadinya belum membaca atau tidak tahu sekarang menjadi tahu," kata Suratha dalam diskusi Polemik MNC Trijaya di D'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019).

Suratha mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan ppembenaha data dan mencari adanya kemungkinan masih banyak WNA yang belum terdata.

 sd

Para WNA tersebut, paling banyak menempati daerah yang memiliki tempat wisata dan usaha-usah Asing. Seperti Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Jawa Barat.

"Untuk pekerjaan, variasi sekali yang di Bali tentu di sektor pariwisata, juga ada di pertambangan yang paling banyak di pertambangan, kemudian yang lainnya mejadi utusan utusan negara dia yang ada di kami, sebagaimana warga negara kita juga ada diluar megeri diperlakukan dengan baik diberikan identitas," papar dia.

Penerbitan e-KTP bagi WNA telah diatur dalam Undang-Undang (UU) yang tertuang dalam pasal 23 UU 24 tahun 2013 pasal 63 ayat 1. Dalam hal ini disebutkan bahwa orang asing pemegang Kartu Ijin Tinggal Tetap (Kitap), berumur 17 tahun, telah kawin atau pernah kawin mereka wajib memiliki e-KTP.

 sd

(wal)

Berita Terkait

KTP Elektronik

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini