Eks Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah Diperiksa Polisi Terkait Kasus Dana Kemah

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 01 Maret 2019 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 01 337 2024416 eks-sekjen-pp-pemuda-muhammadiyah-diperiksa-polisi-terkait-kasus-dana-kemah-xgnMRtEg1Z.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap eks Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah, Irfanus Rasman terkait kasus dugaan penyelewengan dana kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia.

"Hari ini pemanggilannya. Pemanggilan eks Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah," kata Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendrawan saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Kendati begitu, sampai saat ini kata Bhakti, pihaknya belum mendapatkan keterangan apakah Irfanus akan memenuhi panggilan tersebut. Mestinya, dia diperiksa pada pukul 10.00 WIB.

"Belum ada info (kehadiran yang bersangkutan)," ujar Bhakti.

 s

Diketahui sebelumnya, dana penyelenggaraan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia pada 2017 diduga bermasalah. Laporan dugaan penyimpangan itu sedang ditangani Polda Metro Jaya.

Panitia Kemah Pemuda lantas mengembalikan uang sebesar Rp2 miliar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menjadi penyedia anggaran acara tersebut.

Kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia digelar dengan APBN Kemenpora RI di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah pada 16-17 Desember 2017.

 s

Namun, dalam kegiatan itu ditemukan dugaan penyelewengan dana. Pihak Polda Metro Jaya pun berkoordinasi dengan Kemenpora untuk mengumpulkan sejumlah barang bukti dan melakukan penyidikan.

Adapun penyidikan kasus itu sendiri kepolisian telah memanggil staf Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Abdul Latif, Ketua Panitia dari Gerakan Pemuda (GP) Anshor Safarudin, mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan Ketua Panitia dari Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini