nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sampaikan Laporan Akhir Tahun, Ketua MA Banggakan E-Court

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 13:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 27 337 2023451 sampaikan-laporan-akhir-tahun-ketua-ma-banggakan-e-court-5foiET0B6u.jpg Mahkamah Agung (Foto: Harits Tryan/Okezone)

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) melakukan perbaikan sistem administrasi perkara dalam peradilan Dalam untuk peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Salah satunya menciptakan sistem teknologi informasi berupa aplikasi e-Court.

Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali mengatakan, aplikasi tersebut diharapkan agar masyarakat dapat lebih mudah dalam mendaftarkan perkara (e-Filing), pembayaran uang panjar perkara (e-Payment) serta pemberitahuan sidang yang telah didaftarkan (e-Summons).

Baca juga: MA Terapkan Teknologi Informasi, Jokowi Ingin Ubah Anggapan Negatif di Pengadilan

"Saya ingin menekankan program yang mendukung program nasional yaitu e-Court. Implementasi e-Court disambut baik oleh masyarakat dan diapresiasi oleh para pencari keadilan," ujar Hatta dalam laporan tahunan Mahkamah Agung di JCC, Senayan, Rabu (27/2/2019)

 https://img.okeinfo.net/content/2019/02/27/337/2023440/ketua-ma-pengadilan-se-indonesia-kekurangan-tenaga-hakim-zV47bqiomQ.jpg

Hatta mengutarakan bila aplikasi tersebut sebuah bentuk untuk mendorong percepatan dalam layanan peradilan, namun acap kali berbenturan dengan peraturan hukum acara yang tidak kunjung diperbaharui sehingga menghambat peluang menggantikan proses lama yang sudah tidak efisien.

 Baca juga: MA Terapkan Teknologi Informasi, Jokowi Ingin Ubah Anggapan Negatif di Pengadilan

“Lahirnya PerMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-Court, dengan tiga fitur utama, yaitu pendaftaran perkara (e-Filing), pembayaran panjar uang perkara (e-Payment) serta penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-Summons)," imbuh dia.

Selain itu, secara fundamental telah mengubah praktik pelayanan perkara di pengadilan serta membawa peradilan Indonesia mendekati praktik peradilan negara maju.

 Baca juga: Jokowi: Penanganan Perkara Berbasis TI Percepat Layanan Peradilan

"Hal itu secara fundamental dan telah mengubah praktik pelayanan perkara di pengadilan. dan membawa peradilan Indonesia mendekati praktek peradilan negara maju,” tukas Hatta.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini