nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemudahan Berbisnis Terus Meningkat, Jokowi Apresiasikan Reformasi di MA

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 10:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 27 337 2023384 kemudahan-berbisnis-terus-meningkat-jokowi-apresiasikan-reformasi-di-ma-d1W29h9xUR.jpeg Jokowi (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (JOkowi) menghadiri acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung (MA) di JCC Senayan, Jakarta. Dalam acara tersebut, dirinya berterima kasih akan dukungan lembaga hukum di Indonesia.

Jokowi mengatakan, Indonesia mempunyai sumber daya alam yang kaya, SDM yang kuat dan potensi yang luar biasa.

 Baca juga: Jokowi Lantik Sunarto Jadi Wakil Ketua Mahkamah Agung

"Namun, harus diakui potensi tersebut belum optimal dilakukan. salah satu penyebabnya adalah, berbagai permasalahan di bidang hukum," ujarnya, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dalam 4 tahun ini, hambatan di bidang hukum sangatlah banyak, namun terus diberantas. Pemerintah berupaya melakukan berbagai langkah seperti pemberantasan korupsi dan pungutan liar (pungli). Serta perlunya penyederhanaan regulasi dan perizinan, serta reformasi birkokrasi," ujar Jokowi.

 Baca juga: MA Bantah Penerbitan SEMA Larangan Buronan Ajukan Praperadilan Terkait Kasus Rizieq

"Ini semua untuk menciptakan kepastian hukum yang akhirnya berdampak kepada iklim investasi kondusif dan perbaikan kondisi perekonomian bangsa," ujarnya.

Namun, lanjut Jokowi, apa yang dilakukan pemerintah tidak akan ada artinya jika tidak diimbangi dukungan lembaga peradilan. Di mana, karena kepastian hukum tersebut Indonesia melakukan berbagai lompatan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir.

 Baca juga: Ini Pesan Artidjo Alkostar untuk Penggantinya di MA

"Seperti lompatan kemajuan ease doing business, dari peringkat 120 ke 73 di situ ada peran penting dari reformasi dari lembaga peradilan yang dipimpin MA," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini