Viral Warga China Miliki E-KTP di Cianjur, Ini Fakta Sebenarnya Versi Menaker

Taufik Budi, iNews.id · Selasa 26 Februari 2019 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 26 337 2023026 viral-warga-china-miliki-e-ktp-di-cianjur-ini-fakta-sebenarnya-versi-menaker-HOoon01zqK.jpg Foto: Ist

SEMARANG - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memastikan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang memiliki e-KTP adalah hoaks. Untuk itu, masyarakat diminta tak mudah terprovokasi dan mengkroscek kebenaran agar tak turut menyebarkan hoaks.

"Itu hoaks, superhoaks, bagian dari editan. Untuk izin tinggalnya ada. Tapi dibuat seolah-olah ada e-KTP," kata Hanif Dhakiri saat ditemui di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Selasa (26/2/2019).

"Semua harus dikroscek dulu, jangan mudah menyimpulkan. Akan hancur Republik ini kalau percaya hoaks," tandasnya.

Dia menjelaskan, keberadaan TKA di Indonesia hingga saat ini jumlahnya sekira 0,08 persen dari penduduk Indonesia, atau 9 ribuan orang.

Sekadar diketahui, jagat dunia maya dihebohkan dengan foto yang beredar di media sosial. Kartu identitas mirip e-KTP penduduk Indonesia lengkap dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Perbedaannya, terletak pada kolom kewarganegaraan dan masa berlaku tidak seumur hidup.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini