nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Pastikan Seluruh Wilayah Serang Sudah Terpasang Radar Tsunami

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 18:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 18 337 2019702 jokowi-pastikan-seluruh-wilayah-serang-sudah-terpasang-radar-tsunami-yfg3GLnjAV.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)

BANTEN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa seluruh wilayah di Serang, Banten telah dipasang radar pemantau bencana tsunami saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten, Senin (18/2/2019).

Kepala Negara langsung mendapatkan laporan tersebut dari Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

"Saya sudah diinfokan Bu Kepala BMKG mengenai telah terpasangnya radar di Serang," ujar Jokowi.

Baca Juga: ITB Lakukan Penelitian di Lokasi Tsunami Palu, Hasilnya?

Tsunami

Menurut Jokowi, pemerintah akan memasang radar pemantau lainnya di dua daerah yang paling berpotensi terjadinya bencana tsunami di Tanah Jawara. Meski demikian, sambungnya, pemasangan radar itu baru akan berlangsung pada Maret mendatang.

"Nanti akan dilanjutkan di dua tempat lagi di tempat yang lain masih bulan Maret. (Jadi) Tunggu satu-satu ini kita selesaikan," kata Jokowi.

Kepala Negara berharap, pemerintah daerah bisa mengevaluasi tentang radar pemantau tsunami yang ada di wilayah administratifnya masing-masing. Menurut dia, evaluasi tersebut diharapkan hingga yang berkaitan dengan tata ruang agar menekan tingginya korban yang terjadi saat adanya bencana alam.

"Semuanya yang berkaitan dengan tata ruang sudah saya sampaikan kepada kepala daerah agar dilihat dan dievaluasi lagi untuk kedepannya, semuanya," pungkasnya.

Tsunami

Baca Juga: 7 Fakta Gunung Anak Krakatau Pasca-Tsunami, Perairan Lebih Dangkal hingga Puncak Menyusut

(edi)

Berita Terkait

Jokowi Presiden

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini