Raih Juara Favorit, Bukti TNI AD Selalu di Hati Generasi Muda

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 18 Februari 2019 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 18 337 2019395 raih-juara-favorit-bukti-tni-ad-selalu-di-hati-generasi-muda-TMb4XkPJjh.jpg Stan TNI AD juara terfavorit I di gelaran International Education and Training Expo 2019. (Foto: Dispenad)

JAKARTA – Penghargaan yang diterima pada International Education and Training Expo 2019 sebagai juara Terfavorit I menunjukan bahwa TNI AD selalu menjadi kebanggaan sekaligus cita-cita para generasi muda Indonesia. Hal itu seperti disampaikan Kasubdispenmedlek Dispenad Letkol Arm Anang Khrisna Indra Kumara saat ditemui setelah acara penutupan pameran tersebut di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Minggu 17 Februari 2019.

Anang mengatakan, selaku koordinator Stan TNI AD, dirinya sangat bangga atas apresiasi yang diberikan Pembina Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pusat Profesor Ricardus Eko Indrajid sebagai juara Terfavorit I di antara 129 peserta lainnya.

(Foto: Dispenad)

"Tidak hanya apresiasi dari penyelenggara yang membuat kita bangga, juga antusiasme para pengunjung yang luar biasa saat mengunjungi stan, menunjukkan bahwa mereka bangga dan begitu ingin dekat dengan TNI, khususnya TNI AD," ucap Anang.

"Jadi, penghargaan yang diberikan ini sesungguhnya merupakan apresiasi kepada para pengunjung, khususnya generasi muda kita," ujarnya.

Selain TNI AD, penyelenggara juga memberikan penghargaan kepada Interstudi dan Universitas Bina Nusantara (Binus) sebagai juara Terfavorit II dan III. Kemudian Universitas Indonesia (UI), Universitas Mercu Buana, dan Universitas Katolik Atmajaya sebagai juara Harapan I, II, serta III.

"Kunjungan para kaum milenial ke Stan TNI AD ini tentu menepis juga anggapan bahwa generasi ini sangat mudah terkikis oleh pengaruh globalisasi," tutur Anang.

"Mengapa? Sebagai contoh, ribuan pengunjung ke Stan TNI AD setiap harinya, menunjukkan bahwa semangat nasionalisme dan bela negara sangat menggelora di jiwa mereka," tambahnya.

(Foto: Dispenad)

Lebih lanjut Anang mengatakan bahwa ketertarikan pengunjung untuk menjadi anggota TNI AD itu bukan hanya tentang mendapatkan pekerjaan, melainkan mendapatkan jalan pengabdian dan perjuangan bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

"Ini tentu sangat menggembirakan dan membanggakan, serta menunjukkan bahwa TNI AD memiliki tempat tersendiri di hati para generasi muda kita," ucapnya.

"Sebagaimana visi TNI AD, pameran pendidikan tidak hanya memamerkan tentang berbagai hal tentang pendidikan, namun juga berhasil menjadikannya sebagai wahana untuk turut mendidik para pengunjung tentang wawasan kebangsaan, nasionalisme , patriotism, dan kesadaran bela negara," tuturnya.

Seperti tahun sebelumnya, Stan TNI AD merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, sehingga tahun lalu pun Stan TNI AD mendapatkan penghargaan serupa.

(Foto: Dispenad)

Dengan melihat besarnya animo dari para pengunjung, Anang berharap pameran seperti ini bisa digelar di beberapa daerah, baik secara serentak maupun bergilir.

"Bagi TNI AD, momen seperti ini sangat berharga untuk menyatukan visi, misi, dan persepsi seluruh anak bangsa dalam hal pertahanan negara. Termasuk, menyampaikan berbagai kebijakan pimpinan TNI AD, khususnya terkait dengan penerimaan prajurit," ucap lulusan Akmil 1997 ini.

Harapan tentang penyelenggaraan kegiatan sejenis di kota-kota lainnya, direspons oleh Profesor Ricardus saat menutup pameran, di mana Pembina PGRI ini akan memberikan masukan dan pertimbangan kepada penyelenggara.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini