JK Minta Muhammadiyah Tekankan Dakwah Bersifat Muamalah

Antara, · Minggu 17 Februari 2019 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 17 337 2019135 jk-minta-muhammadiyah-tekankan-dakwah-bersifat-muamalah-baeLeByr0H.JPG Wapres RI, HM Jusuf Kalla (Foto: Instagram)

BENGKULU - Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla berharap organisasi keagamaan Muhammadiyah lebih menekankan penyebaran dakwah demi untuk menjaga hubungan antarsesama manusia (hablum minannas). Hal itu disampaikannya saat menghadiri penutupan Tanwir Muhammadiyah 2019, di Wisma Gubernur Bengkulu, Minggu (17/2/2019).

"Organisasi Islam Muhammadiyah dan lain-lainnya tentulah menjadi bagian upaya, bukan hanya mendekatkan kepada dua hal akidah dan ibadah, tapi juga muamalah," kata JK, dikutip dari Antaranews.com.

JK menjelaskan, hubungan sosial antarmanusia harus menjadi bagian yang diperjuangkan organisasi keagamaan, khususnya Muhammadiyah dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan negara.

"Kehidupan bernegara, kehidupan bermasyarakat harus kita lebih tingkatkan lagi secara sosial. Harus menjadi bagian dari perjuangan kita semua sebagai umat Islam," ujarnya.

Menurutnya, saat ini hubungan antarmanusia semakin lemah, khususnya di Indonesia, meskipun secara individu ibadah dan akidah yang dijalankan seorang muslim meningkat.

Ilustrasi Muhammadiyah

"Kita kuat dalam ibadah dan akidah, tapi tidak kuat dalam tata kehidupan yang islami. Jadi bagi kita, keagamaan, hablum minallah itu kuat, yang melemah adalah hubungan antarmanusia, muamalah," katanya lagi.

JK berharap dakwah dan ajaran agama yang disebarkan melalui Muhammadiyah dapat dilakukan dengan menekankan pentingnya menjaga hubungan persaudaraan antarmanusia.

"Orang-orang yang berpikir radikal bahwa tata kehidupannya harus dipaksakan, itu juga tentu di luar cara islami. Oleh karena itu, maka apa yang diputuskan oleh tanwir ini dapat menjadi bagian dari upaya kita semua untuk mencerahkan Islam," kata JK menandaskan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini